Untuk membuat produktivitas tenaga penjual tidak ada caranya
atau kiatnya yang baik dan benar, semua cara yang dilakukan adalah benar adanya, bila memang
tujuannya adalah untuk meningkatkan produktivitas tenaga penjual. Jadi apa sulitnya ?
Sulitnya adalah kita tidak atau kurang serius atau setengah-setengah dalam
memandang dan memperlakukan tenaga penjual yang kita miliki, alias kita tidak
sungguh-sungguh all out dan atau totalitas, serta konsisten dalam membina,
membimbing, dan memberikan tambahan pengetahuan dan wawasan bagi seluruh tenaga penjual yang kita miliki, sehingga hasilnya pun juga setengah-setengah atau tidak
maksimal.
Berikut adalah cara yang mudah dan cenderung berhasil dalam
meningkatkan produktivitas tenaga penjual dan mempertahankan tenaga penjual yang kita
miliki untuk bertahan dan betah ikut dengan perusahaan kita selama-lamanya.
Perlakukan kepada tenaga penjual kita dengan keramah tamahan dan kesopan santunan yang terbaik, hal ini akan membuat tenaga penjual merasa keberadaannya diakui oleh kita bahkan seluruh karyawan bagian non marketing atau non sales yang ada di perusahaan kita, bila kita mau mensosialisasikan dan membina karyawan non marketing atau non sales yang ada di perusahaan kita. Hal yang penulis maksudkan disini adalah suatu perlakuan
langsung dengan menanyakan langsung (Face to Face Communication) dengan tenaga penjual yang bersangkutan dengan menanyakan tentang apa dan bagaimana keadaan
dirinya. Contoh : “ Hai … Pak Amir, apa
kabar ? Saya kagum dengan semangat kamu hari ini. Pagi-pagi seperti ini kamu sudah terlihat semangat sekali ? "Apa sih rahasianya agar tetap semangat sepanjang hari ?" Setelah terjadi
pembicarakan, jangan lupa kita lontarkan pujian-pujian secara tulus dan apa
adanya kepada tenaga penjual tersebut, buat dirinya tersanjung dan juga berikan
penilaian-penilaian lain yang positif, sehingga tenaga penjual tersebut
mendapatkan tambahan percaya diri dan semangat dari kita, dari rumah percaya
diri dan semangatnya 10, setelah ketemu dengan kita, dan kita berikan sentuhan
maka akan bertambah dari 10 menjadi 20 energinya atau percaya diri dan
semangatnya.
Coba kita bayangkan seisi kantor, baik office boy sampai dengan pimpinan melakukan hal yang sama kepada tenaga penjuan yang dimilikinya, bukan tidak mungkin, tenaga penjual tersebut merasa keberadaannya tidak dipandang sebelah mata, dan sebaliknya keberadaannya sangat diperlukan dan bahkan mendapat perlakukan dan pelayanan yang sangat baik
Seandainya kegiatan ini di jadikan salah satu budaya perusahaan, contohnya : "memberikan pelayanan terbaik bagi tenaga penjualan" maka dapat dipastikan kita akan mendapatkan tenaga penjual yang bertubuh dan berkembang baik secara kuantitas maupun kualitas. Kuantitas masuknya tenaga penjual tadi kita bisa jadikan alat promosi atau publikasi kepada teman dan masyarakat tentang perusahaan kita dalam merekrut calon tenaga penjual yang baik, dan mereka akan menceritakan perlakukan, pelayanan, dan juga suasana yang lingkungan kerja atau sauasana kerja di perusahaan kita.
Sukses selalu, semoga bermanfaat.
Sukses selalu, semoga bermanfaat.
Apa Yang Harus Kita Lakukan Setiap Hari Kepada Tenaga Penjual
Reviewed by sales motivation
on
Oktober 18, 2018
Rating:
Tidak ada komentar: