Penghargaan Untuk Tenaga Penjual

Kesuksesan dalam bisnis adalah kesuksesan dalam menjual dan hasil penjualan. Bila kita renungkan yang terkait dalam hal ini adalah para tenaga penjual yang kita miliki, maka sudah sepatutnyalah kita memperlakukan tenaga penjual dengan baik dan benar. Salah satunya adalah dengan memberikan penghargaan kepada mereka para tenaga penjual yang kita miliki.

Penghargaan yang penulis maksudkan disini adalah dapat berupa penghargaan finansial atau imbalan dan juga penghargaan yang bersifat non financial atau non imbalan, misalkan pemberian sertifikat, mengumukan di hadapan tenaga penjual ketika briefing, dengan menyebutkan prestasinya, katakan saja prestasi hariannya, menawarkan diri membatu masalah yang dihadapi tenaga penjual  dan lain-lain. Hal ini semua kita lakukan tidak lain adalah agar tenaga penjual yang kita miliki tetap termotivasi, produktif dan loyal kepada pekerjaannya dan perusahaan kita.

Penghargaan Harian Terhadap Tenaga Penjual

Kita bisa lakukan menyebutkan atau mengumumkan di setiap ruangan kantor dengan pengeras suara yang masing-masing tersambung di ruangan, bahwa yang menjual terbanyak hari ini. Misalnya hari ini tenga penjual yang menjual terbanyak adalah Bp. Burhan, dengan total nilai penjualan 20.000.000,- kemudian ucapan selama juga diberikan dari yang mengumumkannya, masing-masing divisi yang ada di kantor bisa mengucapkan selamat.

Penghargaan setiap hari juga bisa kita berikan dengan cara diwajibkan seluruh kepala divisi yang ada menyapa tenaga penjual yang sedang berkumpul di ruangan mereka, dengan memberikan semangat, pujian, motivasi dan nasehat. Hal ini akan sangat di rasakan oleh tenaga penjual bahwa keberadaan mereka sangat dierhatikan oleh para pemimpin perusahaan ini bukan saja oleh atasan mereka sendiri secara langsung, misalnya Supervisor penjual dan atau manager marketing mereka sendiri.

Setiap hari bisa di buat peraturan bahwa seluruh karyawan yang posisinya bukan tenaga penjual wajib bila bertemu dengan tenaga penjual dimanapun, maksudnya baik di kantor, di luar kantor atau di pertokoaan, wajib memberikan sapaan yang hangat sopan dan juga memberikan  semangat yang membangun, misalnya bagaimana penjual hari ini ? lebih semangat lagi ya ... dan sebagainya. Pokoknya pelayanan yang super-super maksimal yang terbaik dan penghormatan yang tulus,  harus kita berikan secara bersama kepada tenaga penjual yang kita miliki.

Penghargaan Mingguan Terhadap Tenaga Penjual

Pemberian penghargaan mingguan bisa kita berikan dengan akumulasi jumlah penjualan yang tenaga penjual lakukan, siapa yang paling banyak penjualannya baik secara nilai maupun unit dari barang yang di jual. Begitu juga dengan tenaga penjual yang banyak menjual barang dagangan unggulan atau jasa unggulan  atau barang utama yang harus di jual. Bisa juga pimpinan membuat aturan permainan grand prix atau membuat kompetisi di antara mereka secara mingguan dengan berbagai kelas, dan sebagainya. Biasanya seluruh kepala Divisi datang menyaksikan dan ikut memotivasi atau memberikan semngat, selain hadiah bagi yang pemenangnya tentunya. Acara bisa ditutup dengan makan bersama seluruh tenaga penjual yang ada dan para pimpinan divisi harus membaur makan bersama mereka. Misal kan saja makan nasi putih bersama lauknya dia atas daun pisang yang dijejer, makan bersama dengan mereka sambil duduk dilantai.

Penghargaan Bulanan Terhadap Tenaga Penjual 

Pada perinsipnya penghargaan bulanan hampir sama dengan penghargaan mingguan, hanya saja bedanya bila di penghargaan bulanan, kita bisa berikan pengukuhan prestasi mereka dengan sertifikasi, atau di buat pigura yang berisi nama tenaga penjual yang memiliki prestasi,  di pajang di papan pengumuman tertentu bagi tenaga penjual yang istimewa, baik dan cukup baik. Juga penghargaan dapat ditambah dengan penghargaaan secara financial baik berupa sejumlah uang atau barang kebutuahna lauinnya atau dua-duanya.

Penghargaan Tahunan Tenaga Penjual

Pada prinsipnya sama dengan penghargaan bulanan hanya saja, penentuan pemenang terbaiknya berdasarkan hitungan akumulasi tahunan dan juga grand frix atau kompetisinya juga kita hitung secara akumulasi tahunan. Penghargaannya selain sertifikat, kita bisa tambahkan yang berupa financial, seperti sepeda motor, mobil, rumah, bahkan berkunjung ke tanah suci, contoh pergi haji atau umroh bagi yang nuslim,  dan lain sebgainya. Penghargaan khusus bagi seluruh tenaga penjual yang ada kita bisa lakukan piknik tenaga penjual bersama keluarganya ke tempat tertentu di luar kota atau dalam kota. Bahkana bila memungkinkan kita buatkan tour ke luar negeri, misalnya ke Singapore, Vietnam, Malaysia, China, Eropa, Amerika dan lain-lain.

Bila hal ini kita lakukan dengan serius dan konsisten, maka seluruh tenaga penjual yang kita miliki merasa keberadaannya di akui sebagai karyawan dan mereka akan merasa senang dan betah menjadi bagian dari keluarga besar karyawan perusahaan kita.

Semoga bermanfaat. Salam Sukses Selalu.






Penghargaan Untuk Tenaga Penjual Penghargaan Untuk Tenaga Penjual Reviewed by sales motivation on Oktober 23, 2018 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.