Memperhatikan Keberhasilan Tenaga Penjual



Kegiatan yang penulis maksudkan memperhatikan keberhasilan tenaga penjual maksudnya adalah dalam proses penjualan, di mulai dari menawarkan barang atau jasa sampai pada realisasi, kita harus dapat menjamin prosesnya cepat dan barang yang di jualnya tersedia dan terkirim ke konsumen. Kita harus mendorong dan membantu terjadinya realisasi atas order yang telah mereka peroleh. Selanjutnya adalah pemberian training atau up grading yang baik terhadap produck baru dan atau lainnya, misalnya pemberian pelatihan yang tepat bagi mereka yang baru bergabung, dan bagi tenaga penjual yang berkinerja belum membaik. Pelayanan purna jual pun. apa bila ada konsumen yang mengajukan complain atau pun keberatan atas barang yang dibelinya harus kita segerakan, paling tidak kita nomor satukan untuk memberikan feed back yang baik dan segera mungkin menyelesaikannya, seperti kebiasaan yang ada, konsumen bila barang yang dibelinya mengalami kerusakan atau ketidak sesuaian dengan yang diinginkannya, biasanya konsumen menghubungi atau mencari-cari tenaga penjual yang menjualnya, sehingga akan mengganggu kenyaman mereka dalam bekerja.

Bila hal ini kita lakukan dengan konsisten dan berkesinambungan, akan menambah tingginya tingkat kepercayaan diri tenaga penjual tersebut, baik terhadap dirinya sendiri, kepada produk yang dijualnya, maupun perusahaan tempatnya bekerja. Hal semua di atas harus menjadi pusat perhatian pemilik usaha atau perusahaan bila ingin tenaga penjualnya bertahan dan meningkat kinerja mereka, bila tidak lupakan saja memiliki tenaga penjual yang loyal dan berkinerja baik.


Untuk menjamin tenaga penjual lebih bersemangat untuk tetap menjadi tenaga penjual di perusahaan kita
disamping penjelasan di atas kita adalah masalah pemberian insentif, insentif khusus tantangan, komisi produk, serta lain-lainnya harus dapat kita jamin  tidak terdapat potongan macam-macam dan diberikan tepat waktu. Pemberian pinjaman juga di sederhanakan dan dimudahkan, misalnya, bagi  tenaga penjual yang sudah ada realisasi misalnya Rp.20.000.000, boleh mengajukan pinjaman sebesar 50% dari komisinya. Buatlah peraturan yang jelas mengenai hal ini. Begitupun juga mengenai jaminan pengobatan, katakanlah sebesar satu kali rata-rata komisi yang di dapatkan selama satu tahun, dan bila tidak menggunakannya di berikan setiap akhir tahun. Bahkan bila memungkinkan kita dapat membuatkan program pensiun bagi mereka, maksudnya program tabungan dana pensiun bagi mereka yang ingin mengikutinya. Bisa juga di coba untuk mendirikan program koperasi simpan pinjam, mungkin kedua hal ini menarik bagi tenaga penjual kita.

Hal-hal pokok yang sudah tenaga penjual dengar sebaiknya dijalankan sebagaimana adanya, tenaga penjual sangat tergantung dari sikap kita sebagai pemilik perusahaan untuk mau memperlakukan mereka dengan ke jujuran dan keterbukaan, bila kita tidak bisa memenuhi janji kita terhadap mereka sebaiknya jangan berjanji. 


Salam sukses selalu, semoga bermanfaat.

Memperhatikan Keberhasilan Tenaga Penjual Memperhatikan Keberhasilan Tenaga Penjual Reviewed by sales motivation on Oktober 18, 2018 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.