Meningkatkan Penjualan

Bagi seorang tenaga penjual, menjual sebanyak-banyaknya merupakan tantangan tersendiri yang mengasyikan, apabila merekan mempunyai alasan yang sangat kuat, minimal dapat menjawab dendam masalalunya, yang di komitmenkan seperti : "Boleh jadi kedua orang tua saya orang miskin, sehingga tidak bisa menyekolahkan saya sampai menjadi sarjana, boleh jadi saudara-saudara saya miskin, saya tidak mau hidup miskin, apapun yang terjadi walau harus kerja keras mati-matian sekalipun...." Apabila ini alasannya, bisa jadi memiliki kekuatan menggerakan hatinya untuk setiap hari bersemangat mewujudkan komitmennya itu.Seandainya seseorang tenaga penjual atau pun apapun profesinya pasti sudah berhasil, karena komitmen merupakan nama lain dari keberhasilan, bila setiap saat di hidupkan dalam kehidupan sehari-hari demi terwujudnya apa
yang di komitmenkannya itu. 

Apa yang dilakukan tenaga penjual agar penjualannya semakin meningkat :

1. Memiliki alasan yang sangat kuat, sehingga mampu menggerakan hatinya untuk setiap hari bekerja dengan  penuh semangat, antusias, dan siap bekerja keras sampai over time sekalipun atau bekerja habis-habisan..
2. Menentukan target pribadi setinggi-tinggi, dari target yang telah ditetapkan oleh perusahaann bila dia bekerja dan merencanakan serta membuat langkah yang nyata untuk mencapainya. Jadi target dari perusahaan dianggapnya kurang, dibandingkan target pribadinya. Efek dari target sebenarnya, semakin tinggi target, semangkin menantang, dan semakin banyak mendapatkan kesempatan, serta semakin tinggi tantangannya, semakin tergerak untuk merealisasikannya. Bila tenaga penjual tersebut benar-benar memunyai alasan yang kuat. Mereka merubah tantangan menjadi kesempatan dengan bekerja extra kerja keras ( go exra miles)
3. Mempersiapkan diri sebaik-baiknya baik secara fisik maupun mental, dan perlengkapan atau alat-alat pendukung untuk menjual, seperti leafleat, brosur dan lain-lian setiap harinya. Selalu berkata dalam hati,  hari ini saya akan memenangkan hidup ini dengan menjual sebanyak-banyaknya.
4. Tidak mensia-siakan waktu  untuk melakukan penawaran sebanyak-banyaknya kepada calon konsumen, karena tenaga penjual harus dan sudah menjadi prinsip bahwa bila ingin penjualannya meningkat, mereka harus merngunjungi dan menawarkan kesebanyak mungkin calon kon
sumen, secara baik, benar, sopan dan yang paling penting adalah harus manarik, sehingga calon konsumen menjadi senang lahir dan bathin.
5. Selalu merawat calon konsumen yang sudah menjadi pelanggannya melalui persaudaraan atau persahabatan, sehinga terjalin keakraban, pada saatnya terjalin dan  terbina hubungan baik, dan pada saatnya bisa dijadikan prospek agar pelanggan tersebut melakukan pembelian kembali atau repeat order, atau bisa dijadikan mitra kerja dengan memberikan info calon konsumen yang potensial kepada tenaga penjual. Caranya sangat mudah dengan ikut memberikan selamat ulang tahun kepada pelanggan yang bersangkutan melalui telepon atau bertandang langsung jerunag pelanggan, ucapan ulang tahun juga bisa ditujukkan bila ada keluarganya berulang tahun, semisal; istrinya, suaminya, anak-anaknya dan lain-lain. 
6. Memperhatikan pelanggan dengan pelayanan purna jual yang sangat maksimal, sehingga pelanggan bertanmbah puas membeli baranng atau jasa kepada tenaga penjual tersebut, maka dengan sendirinya pelanggan tersebut akan senang dan paling tidak akan membantu tenaga penjual tersebut. Pelayanan purna jual ini sangat sederhana, misalnya betandang ke rumah pelanggan tanyakan bagaimana kondisi barangnya atau jasa yang telah di belinya, ada kah keluhan atau kekurangan dari pelayanan perusahaan kami, dan atau bila didapatkan adanya yang kurang dan rusak, segera tanpa banyak alasan tunjukkan semangat kepedulian untuk segera membantu menyelesaikan masalah pelanggan tersebut. 
7. Ingatlah selalu bahwa seluruh alam semesta dan kejadiannya adalah selalu berpasangan, contohnya : ada pagi ada siang, ada sore ada malam, ada benar ada salah, ada laki-laki ada wanita.... begitu pun dalam hal penjualan ada calon konsumen yang menolak benar-benar tidak mau membeli, tapi pasti ada calon konsumen yang mau membeli dan menjadi pelanggan. Jadi apa yang harus kita lakukan ? Jawabnya adalah bekerja dengan baik dan benar dan berusaha sungguh-sungguh, serta jangan terlalu cepat patah semangat, selanjtnya adalah jangan lupa selalu bersyukur, beramal, bersedekah, beribadah, dan berdoa.

Tetap semangat ....
Salam sukses selalu....

Meningkatkan Penjualan Meningkatkan Penjualan Reviewed by sales motivation on April 11, 2016 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.