Cara Sederhana Menumbuhkan Minat Beli Calon Konsumen




Sebagai salah satu kemampuan dari seorang tenaga penjual adalah bagaimana caranya merangsang keinginan calon pembeli untuk membeli produk atau jasa yang akan ditawarkannya, sehingga keinginan atau minat beli calon konsumen menjadi naik atau terangsang untuk segera membeli. Bagi tenaga penjual yang melakukan penawaran langsung kepada calon konsumen, atau face to face communication akan lebih mudah melakukan ini, karena kita bisa langsung melihat perubahan sikap dan tingkah laku bagi calon konsumen, dan tenaga penjual mendapat gambaran dan bisa langsung merubah strategi pembicaraannya atau lebih menggiring kearah keinginan atau minat yang baik atau semakin tinggi dari calon konsumen.

Berikut ini ada penjelasan yang sederhana yang mudah-mudahan bermanfaat bagi kita semua dalam menjalankan tugas kita sebagai profesi tenaga penjual.

Hal yang sangat menentukan calon konsumen berkeinginan atau berminat untuk membeli jasa atau barang yang tenaga penjual tawarkan adalah saat pertama kali calon pelanggan itu bertemu dengan tanaga penjual, yang dilihat, yang diperhatikan, dan yang dinilai oleh calon pelanggan adalah penampilan tenaga penjual yang bersangkutan. Biasanya calon konsumen dengan melihat penampilan visual secara fisik walaupun dalam waktu singkat, bisa segera memberikan penilaian ataupun membangun persepsinya bisa menerima tenaga penjual tersebut dengan baik (persepsi positif) atau sebaliknya menolak tenaga penjual tersebut (persepsi negative).

Untuk itu sangat penting seorang tenaga penjual untuk terus menerus menjaga penampilan, penampilan yang sehat, menarik, selalu tersenyum, dan usahakan setiap hari hidup kita selalu senang dan bahagia. Seorang tenaga penjual harus menampilkan citra atau kesan yang baik atau bagus baik dalam kondisi fisik, apa yang kita kenakan, dan menjaga nama baik kita.

Sebaiknya ketika seorang tenaga penjual sudah berhadapan dengan calon konsumen, kita harus antusias melakukan penjualan atau melakukan penawaran, sering orang mengartikan bahwa antusias itu adalah semangat, padahal bukan sekedar semangat saja, tapi di dalamnya adalah ada keikhlasan, ada kesungguhan, ada etika sopan santun, ada rasa hormat, menghargai, ceria, besahaja, ramah tamah , tidak terkesan sombong dan menggurui, dan tampak jelas kerendahan hati kita. Menurut Bahasa Yunani, antusias itu berasal dari dua suku kata, didalam diri kita ada Tuhan, terjemahan bebasnya menurut penulis adalah kita bekerja dengan semangat Tuhan begitulah kira-kira artinya. Antusias itu percaya atau tidak, bisa menular ke orang lain atau ke banyak orang, jadi bila saat kita melakukan penawaran dengan antusias, maka calon konsumen pun akan ikut antusias mendengarkan penjelasan dari tenaga penjual, yang akhirnya mendorong keinginan atau minat membeli untuk segera membeli barang atau jasa yang kita tawarkan. Hindari perdebatan dengan calon konsumen, karena akan menekan pikiran dan perasaan calon konsumen, cara memenangkan perdebatan adalah dengan menghindari perdebatan.

Tibalah saatnya ketika tenaga penjual sudah terlibat pembicaraan yang sedang berlangsung, tenaga penjual harus menjelaskan strategi dalam bentuk benefit atau keuntungan-keuntungan yang akan diperoleh bila calon konsumen langsung berminat dan membeli barang atau jasa yang ditawarkannya pada saat inin juga. Sebagai contoh, tenaga penjual bisa menjelaskan bahwa bila calon konsumen membeli saat ini,  tidak kehilangan potongan harga yang diberikankan. Bila calon konsumen membeli saat ini, harga masih menggunakan harga lama, karena bulan depan atau seminggu lagi harga akan naik. Bila calon konsumen membeli saat ini, akan mendapatkan garansi selama satu tahun atas barang yang dibeli, dan bila rusak dalam jangka waktu satu bulan sampai 6 bulan akan di ganti dengan cara tukar guling, atau ganti baru tanpa tambahan biaya lagi dan sebagainya.  Kenapa benefit atau keuntungan-keuntungan bagi konsumen kita ungkapan supaya calon konsumen puas bila membeli saat ini kepada kita sebagai tenaga penjual, dan juga kenapa hal ini harus tenaga penjual lakukan, karena biasanya calon konsumen lebih takut kehilangan sesuatu dari pada untuk mendapatkan sesuatu.

Action With Big Passion

Like and Subscribe Channel youtube saya di bawah ini ..
http://www.youtube.com/c/LukiOno
Cara Sederhana Menumbuhkan Minat Beli Calon Konsumen Cara Sederhana Menumbuhkan Minat Beli Calon Konsumen Reviewed by sales motivation on Juni 13, 2019 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.