Kemampuan Untuk Mempengaruhi Calon Konsumen

Bagi seorang pemimpin kemampuan untuk mempengaruhi pengikutnya atau bawahannya adalah suatu kemampuan yang terpenting yang harus dimilikinya. Siapapun dia, bila dia seorang pemimpin harus memiliki kemampuan mempengaruhi ini. 

Bagaimana dengan profesi tenaga penjual ? Menurut hemat penulis tidaklah jauh berbeda, karena  seorang tenaga penjual harus memiliki kemampuan untuk mempengaruhi calon konsumennya, yaitu agar tertarik, menimbulkan minat untuk membeli, dan membeli barang atau jasa yang ditawarkannya. 

Masalahnya adalah bagaimana cara yang baik, tepat, dan effektive untuk mempengaruhi calon konsumen agar mau menerima dirinya sebagai tenaga penjual, mau mendengarkan ucapannya, dan bersedia membeli barang atau jasa yang di tawarkannya ? Berikut adalah cara sangat singkat mempengaruhi calon konsumen agar dapat kita pengaruhi untuk membeli barang atau jasa yang tenaga penjual tawarkan.

1. Terus menerus menawarkan, tanpa pernah berpikir untuk berhenti menawarkan. Ini adalah cara yang paling mudah mempengaruhi calon konsumen. Menawarkan terus-menerus kepada calon konsumen yang sama ketika tenaga penjual bertemu dengan konsumen tersebut. Contoh dalam praktik, Anda adalah seorang tenaga penjual yang mau menawarkan barang atau jasa kepada tetangga Anda atau orang yang Anda kenal, maka setiap saat ketika Anda bertemu dengan tetangga Anda tersebut atau kenalan Anda tersebut, tawarkan barang atau jasa yang Anda jual, mungkin sekali dia melolak untuk membeli, dua kali Anda tawarkan dia masih menolak, tapi di hitungan selanjutnya entah yang keberapa nanti tetangga Anda tersebut  pasti akan membeli barang atau jasa yang Anda tawarkan. Mengapa hal ini bisa terjadi ? Hal ini terjadi karena bila kita berbicara dengan orang lain dan frekwensi pembicaraan ini terjadi sesering mungkin, maka akan terjadi saling mempengaruhi Anda juga bisa terpengaruh oleh lawan bicara Anda, dan Anda akan mempengaruhi lawan bicara Anda, dan ini akan mendorong alam sadar lawan bicara Anda untuk bertindak membeli barang yang kita tawarkan, karena memang dari semula Anda ingin lawan bicara Anda membeli barang yang Anda tawarkan.Silakan Anda coba dan hitung berapa kali Anda menawarkannya dan setelah berapa kali setelah Anda tawarkan calon konsumen membeli barang atau jasa yang Anda tawarkan.

2. Pikirkan bagaimana caranya agar apa yang dipirkan oleh calon konsumen terpuaskan sehingga calon konsumen tersebut senang bertemu dan berbicara dengan Anda. Caranya adalah uangkapkan data yang sebenarnya dan penjelasan mengenai data tersebut. Orang atau calon konsumen akan terpengaruh, bila kita berbicara atau menjelaskan sesuatu atau barang dan jasa yang kita tawarkan selalui diungkapkan data yang sebenarnya dan penjelsan mengenai data tersebut. Apabila pikiran calon konsumen sudah dapat Anda puaskan, Calon konsumen tersebut akan merasa senang berbicara dengan Anda.

3. Usahakan agar penampilan Anda dapat menyenangkan pengelihatan calon konsumen, coba Anda pikirkan bagaimana penampilan Anda dapat menyenangkan Calon konsumen dalam hal ini penampilan Anda enak dan pantas dimata calon konsumen. Contohnya adalah cara Anda berdiri, berbicara, pakaian Anda, verbal dan non verbal Anda, begitupun dengan kesan kesopanan dan keramahtamahan yang harus Anda tampilkan. Biasanya seseorang atau calon konsumen akan merasa senang dan terpengaruh oleh penampilan Anda yang terkesan bersih, baik, sopan, dan terpancarkan kehangatan dan keramahan.Jadi sambutlah semua orang atau calon konsumen dengan kelembutan, kehangatan dan keakraban. Tapi ingat semuanya adalah untuk membuat orang atau calon konsumen merasa senang dan terpuaskan dengan pelayanan, sambutan dan perlakuan Anda.

4. Cara Anda berbicara, baik dalam menjelaskan barang atau jasa kepada calon konsumen, sangat perlu diperhatikan nada suara yang jelas dan lembut, serta intonasi yang segar dan menggembirakan, hal ini akan membuat calon konsumen merasa sangat serius dan senang mendengarkan ungkapan Anda. Kata-kata dan kalimat-kalimat yang Anda ungkapkan harus berorientasi atau memenuhi keinginan calon konsumen, penjelasan apa sih yang sebenarnya calon konsumen inginkan, inilah yang harus Anda jawab. Setelah Anda ungkapkan dengan jelas, terperinci dengan nada suara dan intonasi yang lembut dan tidak terlihat memaksa atau terkesan egois dan emosial, ini akan dapat membuat calon konsumen terus berbicara dan mendengarkan Anda, yang akhirnya calon konsumen tersebut merasa senang dan timbul minatnya untuk membeli barang atau jasa yang Anda tawarkan.

5. Apapun masalahnya, Anda sebagai tenaga penjual harus berusaha keras dan semaksimal mungkin menjaga dan membuat perasaan calon konsumen tidak tersinggung, menjadi jengkel atau marah dengan segala penampilan dan ungkapan Anda. Hal ini menjadi sangat penting sekali, mengingat Anda harus menjaga suasana pembicaraan menjadi sejuk dan menggairahkan bagi calon konsumen, memberikan pujian-pujian yang tulus yang layak Anda puji akan membuat persasaan calon konsumen senang, dan juga usahakan jangan sampai ungkapkan atau kalimat-kalimat yang Anda ungkapkan dapat membuat calon konsumen merasa terusik atau tersinggung perasaannya. Pujian, pilihan kata dan kalimat yang tepat Anda harus kuasai untuk terus menerus menjaga dan membuat senang perasaan calon konsumen.

Semoga Bermanfaat.


Kemampuan Untuk Mempengaruhi Calon Konsumen Kemampuan Untuk Mempengaruhi Calon Konsumen Reviewed by sales motivation on September 05, 2017 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.