Menghadapi Calon Konsumen Yang Mengeluh


Seorang Tenaga Penjual dalam mejalankan tugasnya tentunya banyak mengalami hambatan-hambatan atau kesulitan-kesulitan, baik yang berasal dari dalam diri sendiri, maupun berasal dari luar dirinya sendiri, termasuk yang berasal dari calon konsumen.
Untuk mengatasi hal tersebut, seorang tenaga penjual haruslah memiliki kemampuan-kemampuan tertentu untuk mengatasinya. Berikut di bawah ini adalah cara seorang tenga penjual dalam mengatasi calon konsumen yang sering kali mengeluhkan atas barang atau jasa yang akan dimilikinya.
  1. Sebagai tenaga penjual harus dapat memahami keluhan calon konsumen dan menyambutnya dengan tenang, senyum, dan bersikap wajar serta mendukung seolah-olah menyetujui keluhan calon konsumen.
  2. Tenaga penjual harus dengan serius dan sungguh-sungguh dalam mendengarkan  keluhan-keluhan calon konsumen, sehingga tercermin bahwa tenaga penjual memiliki perhatian yang penuh terhadap calon konsumen.
  3. Jangan berdebat dan hindarilah perdebatan, kalau hanya mengakibatkan calon konsumen menjadi malu dan kehilangan muka di hadapan tenaga penjual atau orang lain.
  4. Cobalah berusaha untuk mencari tahu apa yang sebenarnya yang diingini oleh calon konsumen.
  5. Berilah jalan keluar untuk dapat membuat kata sepakat dengan jalan memberikan penjelasan berupa usulan penyelesaian masalah.
  6. Apabila yang diungkapkan oleh calon konsumen adalah hal-hal yang yang besar dan bersifat prinsipil (“Contoh: saya ini pencinta merk ini dari nenek moyang saya, sampai ke anak cucu saya, saya sangat paham ini barang asli tapi palsu, kalau yang asli harganya tidak segini, pasti jauh lebih mahal.”). Apa yang di katakan calon konsumen ini tenaga penjual mengetahuinya bahwa ungkapan calon konsumen tersebut tidak benar dan tidak tepat, tenaga penjual jangan membantahnya, maka tenaga penjual dapat berkata ; “Oh, begitu ya, pak.”  Lalu dilanjutkan : “Wah, sampai sekarang banyak orang yang berpandangan serupa seperti bapak, dulu saya juga beranggapan seperti itu, sampai saya mendengar dan mendapatkan informasi bahwa……. lanjutkan dengan menjelaskan informasi penting tentang barang atau produk  atau selling point barang yang ditawarkan. Ucapan ini sangat penting diungkapkan oleh tenaga penjual, karena pada umumnya manusia akan memberikan reaksi senang pada saat mendengar kata-kata seperti “Ya, ya, benar.” Selanjutnya sebagai akibat rasa senang tersebut, biasanya calon konsumen tersebut cenderung mengiyakan penjelasan yang kemudian akan dikatakan oleh tenaga penjual.


Salam Sukses Selalu….
Menghadapi Calon Konsumen Yang Mengeluh Menghadapi Calon Konsumen Yang Mengeluh Reviewed by sales motivation on Agustus 26, 2016 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.