Berubah atau Kalah, Tersingkir, dan Punah


Mengapa kita harus melakukan perubahan ? Apanya yang harus dirubah ? Satu-satunya yang abadi di dunia ini adalah perubahan, dan dunia atau kehidupan ini selalu berubah, oleh karena itu kita harus berubah, bila tidak kita akan dilindas oleh perubahan itu sendiri. Contoh : Kehidupan Zaman sekarang, berbeda dengan kehidupan tahun 1970 atau 1980, di ini kalau kita mengetik hanya pakai mesin ketik saja, kalau mau kirim surat lewat kantor pos saja dan membutuhkan waktu lama,  tetapi  saat sekarang, melakukan pekerjaan hampir seluruhnya menggunakan computer dan teknologi informasi (Internet, dan lainnya) yang begitu canggih, yang pada saat tahun 1970 atau 1980, belum ada dan belum mengenai teknologi secanggih sekarang ini, maka untuk bisa  mengikuti perubahan zaman yang ditandai oleh kemajuan teknologi dan bisa menjalani kehidupan dengan baik , kita pun harus berubah, yaitu mau tidak mau, suka tidak suka kita harus belajar mengenai Komputer, dan teknologi informasi lainya bila tidak mau akan ketinggalan, dan ditinggal oleh kemajuan, dan akhirnya akan menjadi orang yang tidak mengerti apa-apa, sampai pada saat kita gagal dalam menjalan kehidupan karena kita tidak mau melakukan perubahan diri ini.
Untuk apa kita harus berubah ? Untuk melakukan perbaikan diri dengan cara melakukan perubahan sesering mungkin. Contohnya: Kalau ada hal-hal baru yang berkaitan dengan pekerjaan, hal-hal lain yang kita belum dan tidak mengetahui, sebaiknya kita berusaha untuk melakukan perubahan, segera belajar dan memahai hal-hal yang baru tersebut, cara yang lama segera kita tinggalkan, kalau tidak kita akan ketinggalan.
Cara yang paling mudah untuk berubah adalah
  1. Harus mau membuka diri ( membuka hati dan pikiran) terhadap perubahan yang ada di sekeliling kita. Contoh : kemajuan di bidang teknologi, pengetahuan, metode, sistem, dan atau cara-cara baru yang berkaitan dengan pekerjaan atau usaha kita.
  2. Berusaha untuk sedini mungkin atau secepat mungkin mengetahui, mempelajar, mengerti, dan memahami situasi serta kondisi perubahan yang akan dan tengah terjadi.
  3. Imajinjasikan dan selalu mengembangkan imajinasi kita pada satu kegiatan yang belum pernah kita lakukan, disamping kegiatan-kegiatan rutin yang kita lakukan sepanjang hari.
  4.  Berusaha untuk mewujudkan imajinasi kita tersebut sampai terlihat, tergambar dan terbentuk satu rencana tindakan yang nyata dan harus  dapat kita lakukan saat ini juga.
  5. Setelah terlihat bentuk rencana tindakan tersebut, segera laksanakan rencana tindakan tersebut yang tidak atau belum pernah kita lakukan sebelumnya selama ini.
Apapun profesi kita, siapun kita, dan bagaimanapun diri kita, kalau tidak mau berubah kita akan tersingkir, begitu juga seorang Tenaga Penjual harus benar-benar memahami perubahan yang terjadi kepada diri calon konsumen,Contohnya : Pada saat kemajuan sekarang ini, terutama kemajuan teknologi bidang informasi, menyebabkan  karakter dan pemikiran calon konsumen lebih kritis, selektif,  lebih cenderung hati-hati, dan banyak menggunakan  pertimbangan untuk membeli barang kebutuhannya, oleh karena itu Tenaga Penjual juga harus melakukan perubahan, seperti  cara untuk menawarkan, mempengaruhi, dan kemampuan bicara kita juga harus dirubah, sesuai dengan kondisi calon konsumen, yang pada saat tahun 70 dan 80-an,  karakter dan pemikiran calon konsumen tidak sekritis dan seselektif saat sekarang ini. Hal inilah tuntutan zaman bagi tenaga penjual, dengan terus berubah dan belajar tanpa henti menjadikan tenaga penjual bukan saja bekerja keras, tetapi juga bekerja cermat dan cerdas.


Salam  Sukses Selalu….
Berubah atau Kalah, Tersingkir, dan Punah Berubah atau  Kalah, Tersingkir, dan Punah Reviewed by sales motivation on Agustus 30, 2016 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.