U A N G


Setiap orang di seluruh dunia pasti mengenal yang namanya uang, dari anak-anak sampai kakek-kakek, begitu juga dengan kegunaan dari uang tersebut. Timbul pertanyaan mengapa uang selalu dicari orang, atau kenapa orang membutuhkan uang ? Jawabnya tentu mudah karena dengan uang kita bisa memenuhi kebutuhann hidup kita. Bernarkah ? Satu sisi memang benar, disisi lain masih kurang, karena kebutuhan hidup manusia itu bukan hanya kebutuhan yang sifatnya fisik atau jasmani, tapi juga kebutuhan rohani, yang tidak bisa digantikan oleh uang.

Penulis pernah mendengar buat apa cari uang banyak-banyak uang tidak dibawa mati. Benar kah pernyataan tersebut ? Benar memang uang tidak di bawa mati, tapi uang untuk orang yang hidup, yaitu istri atau suami atau anak-anak yang kita tinggalkan, lebih jauh uang yang kita miliki juga dapat berguna bagi kita, Contoh bila kita telah di panggil Tuhan, uang yang kita miliki diberikan atau sedekahkan kepada orang yang membutuhkan dengan atas nama kita, atau membantu pembangunan rumah ibadah dan atau digunakan membangun tempat ibadah, maka kebaiknya masih bisa kita rasakan. Jadi kesimpulannya selama kita hidup carilah uang sebnayak-banyaknya tanpa batas, asalkan dengan cara yang baik dan benar serta di ridhoi oleh Tuhan Yang Maha Esa.

Dalam hidup dan kehidupan uang adalah segala-galanya, karena segala-galanya membutuhkan uang, kenapa ? Karena kita sebagai manusia adalah makhluk yang beradap atau berbudaya atau bertumbuh atau berkembang. Semakin tinggi peradapan manusia, atau semakin tinggi budaya manusia, atau semakin bertumbuh dan berkembangnya manusia, maka akan bertambah pula kebutuhannya, dan untuk memenuhi kebutuhannya tersebut di butuhkan uang atau banyak uang. Contoh : Pada saat kita balita, kita tidak butuh Hand Phone, tidak butuh kendaraan, tidak butuh pacaran, tidak butuh berumah tangga, ketika semakin besar, misslnya remaja, kebutuhan pasti bertambah, sehingga memerlukan sejumlah uang untuk memenuhi kebutuhannya tersebut, dan seterunya sampai dewasa, bertambah lagi kebutuhannya, misalnya butuh Hand Phone yang canggih, butuh untuk ber keluarga, butuh rumah, dan lain sebgainya.

Jadi kesimpulannya uang adalah segala-galanya dalam hidup ini karena manusia beradap dan atau berbudya dan atau bertumbuh dan berkembang, semakin bertunmbuh, berkembang dan semakin tinggi budaya manusia, maka semakin banyak kebutuhannya dengan demikian dibutuhkan banyak uang untuk memenuhi kebutuhannya tersebut.

Namun, bila kita kaji atau kita lihat dari pandangan “NILAI,” UANG tidak berada diatas segala-galanya karena masih ada nilai-nilai lain yang lebih tinggi dari pada UANG, yaitu Cinta Sejati, Kesetiaan, kejujuran, keyakinan, keimanan, dan lain-lain, sejatinya tidak bisa di nilai oleh uang dan atau tidak bisa di beli dengan uang.

Jadi kesimpulan selanjutnya adalah uang adalah segala-galanya dalam hidup dan kehidupan di dunia ini, tetapi tidak berada diatas segala-galanya, masih ada sesuatu yang lebih tinggi atau lebih bernilai dari pada uang, yaitu cinta sejati, kesetiaan, kejujuran, keyakinan, keimanan, dan lain-lain.

Apakah Uang itu adalah tujuan dari setiap orang ? Ada sebagian yang berpendapat bahwa uang bukan tujuan, tetap sebagai alat, Contohnya Ingin kaya raya kita butuh uang banyak, ingin punya mobil mewah, kita harus punya uang banyak, ingin punya rumah mewah kita butuh uang banyak. Jadi uang adalah bukan tujuan, tapi merupakan alat yang kita gunakan untuk mewujudkan keinginan tersebut.

Ada juga yang berpendapat uang adalah dampak atau hasil dari usaha, kegiatan dan atau kerja yang kita lakukan, semakin baik dan benar kira berusaha dan atau bekerja, maka semakin banyak juga uang yang kita dapatkan, begitupun sebaliknya. Jadi tujuan kita adalah bekerja atau berusaha dengan baik dan benar, sedangkan uang adalah hasil atau dampaknya, bukan tujuan.

Atas kedua pendapat itu penulis sangat setuju. Maslahnya adalah bagaimana usaha kita, atau kita bekerja dengan banyak menghasilkan uang untuk bekal kita hidup di dunia maupun di akhirat kelak ?

Melihat manfaat dan kegunaan Uang, dapat kita simpulkan sebagai berikut :

1. Uang dapat memenuhi kebutuhan hidup kiata secara lahiriah, seperti kebutuhan akan minum dan makan, kebutuhan keindahan, kebutuhan sandang, pangan papan, dan atau kebutuhan primer, sekunder, dan tertier.

2. Uang dapat meningkatkan kualitas  hidup kita bila kita manfaatkan atau kita gunakan untuk menambah pengetahuan kita, dengan terus bersekolah ke jenjang yang lebih tinggi.

3. Uang juga bisa dijadikan bekal hidup untuk hidup di akhirat nanti. Contoh bila kita banyak uang kita bisa bersedekah kepada orang lain atau beramal dan perbuatan baik lainnya, seperti membangun rumah ibadah, memelihara anak yatim piatu, panti jompo, membuat sekolah keagamaan atau persantren dan lain-lain, bila kita telah meninggalpun masih dapat bermanfaat.

4. Uang dapat mengangkat harkat dan martabat orang yang memilikinya, andai saja di gunakan di jalan yang benar dan baik.

Catatan penulis : Semua yang ada di dunia ini, dan semua kejadian yang terjadi didunia dan diakhirat nanti adalah atas kehendak Tuhan, dan atas ridho dari Tuhan. Oleh karena itu, kita sebagai manusia harus memahaminya bahwa semuanya adalah milik Tuhan termasuk hidup kita, jadi kita hidup harus di jalan Tuhan. Begitu juga uang yang kita miliki baik yang ada di brankas, di Bank, maupun di saku atau kontong kita,  sedikit maupun banyak adalah milik Tuhan. Jadi  harus kita gunakan dengan baik dan benar di jalan Tuhan, supaya kita mendapatkan safa’at dan ridho dari-NYA. Aamin Ya Robbal Aalamin…













Salam Sukses Selalu….
U A N G U A N G Reviewed by sales motivation on Juli 14, 2016 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.