M a s a l a h

Apakah Masalah itu ? Masalah adalah apa yang kita inginkan tidak sesuai dengan kenyataan yang ada. Contoh, seorang tenaga penjual berkomitmen untuk realisasi bulan Juni 150 %, tapi setelah akhir bulan tanggal 30 Juni hanya mencapai 100%. atau Seorang tenaga penjual menginginkan untuk jadi Supervisor atau Tim Leader, setelah mengikuti seleksi, tenaga penjual itu tidak lulus atau tidak terpilih sebagai supervisor atau Tim Leader. 

Bila masalah tersebut berkaitan dengan kebutuhan dasar manusia atau ftrahnya manusia seperti rasa lapar, maka masalah ini harus segera di selesaikan bila tidak akibatnya akan fatal, bisa sakit, bahkan meninggal dunia. Kenapa harus ada masalah karena kita hidup dan hidup itu sendiri adalah masalah. Contoh, kita ingin hidup seperti apa ? Hari ini kita mau makan apa ? Mau minum apa ? Mau punya rumah sepertiu apa dan sebagainya, selama manusia itu hidup dan punya keinginan untuk memenuhi kebutuhannya baik kebutuhan primer atau sekunder dan bahkan tertier, pasti akan punya masalah. Jadi kesimpulannya semua orang punya masalah karena hidup itu sendiri sebernanya adalah masalah. Biasanya masalah bentuknya sama dengan atau identik dengan hambatan, halangan, kesulitan, rintangan, kehilangan, dan lain sebagainya dan masalah harus segera diselesaikan, bila tidak masalah tersebut bisa berubah menjadi musibah.

Cara Singkat Mengatasi Masalah

1. Bangun keyakinan di dalam alam bawah sadar kita, bahwa tidak ada masalah yang tidak bisa kita selesaikan. Yakinlah bahwa Tuhan menciptakan masalah agar kita tetap tangguh, ulet, sabar, dan selalu berikhtiar, serta tetap tawakal. Yakinlah bahwa Tuhan menciptakan masalah bersama dengan jalan keluarnya. Jadi setiap masalah dan atau semua masalah pasti diikuti jalan keluarnya. Yakinlah bahwa setiap masalah pasti ada hikmah yang positif didalamnya. Setelah kita menyakinkan ini semua, hadapilah masalah dan jangan menghindarinya, karena kita akan pernah lepas dari maslah, dan masalah tersebut akan terus kita bawa dalam hidup dan kehidupan kita sampai kita menbinggalkan dunia ini.

2. Rubahlah masalah yang kita hadapi menjadi tantangan dengan keyakinan yang tinggi, dan rubahlah tantangan menjadi kesempatan dengan bekerja keras dan atau berusaha habis-habisan. Seperti kita berada di dalam goa, pasti akan ada sinar matahari atau cahya yang terpancar, sebagai tanda ada pintu keluarnya. Begitupun juuga langit tak selamanya mendung, bila kita sabar, tetap berusaha, dan gigih memperjuangkannya pasti penyelesaian masalah yang kita hadapi akan dengan baik kita selesaikan.

3. Untuk masalah yang berhubungan dengan hubungan antara manusia, ingatlah Tuhan menciptakan mulut bukan hanya untuk makan dan minum saja, juga dapat berguna untuk memecahkan permasalahan, semua pertengkaran, perseteruan, percecokan dan sebagainya bisa diselesaikan dengan duduk bersama untuk dibicarakan dan diselesaikan masalah yang terjadi, tidak dengan kekerasan atau cara-cara lain yang merusak.

5. Bila kita memiliki masalah cari solusinya dengan berdiskusi, bertannya dan berbagi pada orang yang telah lebih dulu mengalami masalah yang sama dan orang tersebut mampu mengatasinya. Contoh seorang tenaga penjual tidak pernah mencapai target selama lima bulan berturut-turut, maka tenaga penjual tersebut bisa menanyakan cara mencapai target dengan orang yang dulunya sama tidak pernah capai target, tapi saat ini orang tersebut selalu capai target. Contoh lain, Kita sampai umur kepala lima, tidak bisa membaca kitab suci Al Quran, itu maslahnya, maka segera cari jalan keluarnya yaitu tanyakan pada orang yang seumur kita telah berhasil membaca Al Quran atau belajar kepada siapa saja yang bisa membaca Al Quran, segera mungkin jangan di tunda nanti terlambat, dan juga jangan dipikirkan. Kata kuncinya masalah adalah jangan pernah dipikirkan, atau jangan pernah menghindarinya, tetapi dicari jalan keluarnya atau solusinya dengan cara berbagi, menanyakan, atau belajar dari orang lain yang telah berhasil mengatasi masalah yang sama dengan masalah yang kita hadapi sekarang.

6. Jangan sekali-kali kita berdiskusi atau membahas masalahnya, dengan menuduh orang lain sebagai kambing hitam atau menuduh diri kita, sehingga diri kita sangat merasa bersalah, tetapi hadapilah semua masalah dan diskusikan dan atau bicarakan, dan atau cari, dapatkan jalan keluarnya, tidak perlu bicarakan masalahnya, karena masalahnya itu telah terjadi tidak perlu di permasalahkan lagi atau di bicarakan lagi. 

7. Bila kita mendapatkan masalah atau menemukan masalah dalam hidup dan kehidupan kita, sebaiknya harus segera diselesaikan dan atau dipecahkan, dan atau dicari jalan keluarnya dan atau solusinya, karena bila tidak masalah tersebut akan membesar dan berubah wujud dari masalah menjadi musibah. Bila sudah jadi musibah, membutuhkan energi yang lebih banyak, bahkan materi juga lebih banyak, dan juga pasti lebi
h banyak pihak yang dirugikan.


Salam Sukses Selalu ....

M a s a l a h M a s a l a h Reviewed by sales motivation on Juni 07, 2016 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.