Jati Diri

Jati diri itu identik dengan pengertian identitas diri,  semua orang baik orang kaya raya yang memiliki banyak harta, orang miskin, orang pintar, orang baik, orang jahat, orang bodoh, adalah sama, yaitu sama-sama manusia.

Kekayaan, Kesuksesan, Keberhasilan milik semua orang yang menginginkannya, dan kita semua berhak untuk sukses, maka kita tidak perlu merasa kecil, kerdil, hina dan minder terhadap orang lain.

Untuk itu kalau orang lain bisa sukses kita juga bisa sukses. Jati diri seseorang terutama laki-laki adalah bekerja, untuk mencari nafkah dan menghidupkan keluarganya, apapun jenis atau profesi pekerjaannya.

Sebaik-baiknya orang dan atau sehebat-hebatnya orang  adalah orang yang bertanggungjawab dan bermanfaat bagi orang lain. Jadi Jati diri orang yang baik adalah semua orang yang memiliki rasa tanggung jawab dan bermanfaat bagi orang lain.

Bila  ingin mau dinilai oleh orang lain atau masyarakat, sebagai orang yang baik, maka kita harus menunjukkan Jati diri kita, sebagai orang yang  memiliki tanggung jawab yang tinggi dan bermanfaat bagi orang lain. 

Tanggungjawab itu akan muncul bila kita memiliki kewajiban yang harus di penuhi, yaitu:

  1. Berkewajiban memenuhi kebutuhan diri sendiri.

  2. Sebagai anggota masyarakat  berkewajiban melaksanakan peraturan-peraturan yang berlaku baik dimasyarakat maupun peraturan pemerintah.
  3. Sebagai Kepala keluarga kita berkewajiban unuk memberi nafkah lahir dan bathin, memberi pendidikan kepada anak istri, dan melindungi seluruh anggota keluarga.
Semakin banyak kewajiban yang menjadi keharusan bagi kita untuk memenuhinya, maka akan semakin tinggi pula tanggungjawab kita.  


Rasa Tanggung jawab itu akan muncul kalau kita memiliki kesadaran, kesadaran bahwa jati diri kita adalah manusia yang hidup bersama-sama di dunia ini, kesadaran akan arti hidup dan kehidupan yang harus dilalui dengan selalu memenuhi seluruh kebutuhan-kebutuhan hidup, serta kesadaran bahwa semua orang memiliki hak dan kewajiban sebagai bentuk rasa tanggung jawab atas kehidupan yang baik.

Salam sukses selalu .....
Jati Diri Jati Diri Reviewed by sales motivation on Juni 02, 2016 Rating: 5

2 komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.