A K U

Bila tenaga penjual memiliki AKU yang baik, maka berapapun target yang dibebankan kepadanya, akan sangat mudah diraihnya. AKU yang penulis maksudkan disini adalah Aambisi, Keterampiran, dan Usaha, 

Ambisi
Ambisi yang penulis maksudkan disini adalah berkeinginan keras untuk mencapai sesuatu, seperti, tujuan hidup, cita-cita, harapan, impian, keinginan dan lain-lain. Seorang tenaga penjual harus memiliki keinginan yang besar, memiliki hasrat yang besar atau nafsu yang besar untuk mencapai dan atau mewujudkan target penjualan yang diinginkannya. Ambisi mampu mengerakan tenaga penjual  untuk mencapai tujuan-tujuan hidupnya, dan tenaga penjual yang memiliki ambisi tidak bekerja seenaknya saja dan atau asal jadi saja, tapi mereka benar-benar bekerja dengan hasil baik dan berkualitas. Sepintar apapun tenaga penjual dalam menguasai teknis dalam menjual bila tidak memiliki ambisi, tidak akan mungkin berhasil. Masalahnya adalah bagaimana menumbuhkan ambisi itu ? Pertama tuntukan tujuan yang kita ingin capai, pastikan tujuan ini benar-benar kita akan capai, karena berhubungan dengan hidup kita di masa depan, selanjutnya komitmenkan dalam diri kita, dan tanamkan dalam-dalam ke dalam jiwa, pikiran, dan hati kita, selanjutnya setiap saat bawa dalam hidup dan kehidupan kita, untuk setiap saat menghidupkan tujuan tersebut dan selalu berpikir, bersikap, dan bertindak setiap saat untuk mewujudkannya. Contoh : Di bulan ini saya harus mencapai 150 % dari target yang telah ditentukan apapun yang terjadi, ingat terus keinginan ini, dan segera berusaha mewjudkan setiap hari dan atau setiap saat, dan jangan pernah meyerah dan berhenti sebelum terwujud.

Keterampilan
Seorang tenaga penjual yang telah memiliki ambisi, belum tentu, tujuannya dapat tercapai, bila tidak diimbangi oleh keterampilan yang dimilikinya, jadi ambisi harus berbanding lurus dengan keterampilan yang dimiliki oleh tenaga penjual tersebut. Keterampilan yang penulis maksudkan disini tidak lain dari kemampuan atau kecakapan seorang tenaga penjual melakukan atupun menjalankan ataupun menyelesaikan pekerjaannya dengan cekatan. Jadi walaupun ambisinya besar, tanpa dibarengi dengan keterampilan yang memadai, akan membuahkan hasil yang tidak optimal. Masalahnya adalah bagaimna bisa membuat keterampilan kita bertambah baik ? Jawabnya mudah saja, karena ketermapilan ynag tinggi atau yang baik, yang kita miliki, berasal dari kebiasaan-kebiasaan kecil yang kita lakukan berulang-ulang itulah yang akan menghasilkan keterampilan yang tinggi. Contoh; Disiplin adalah kebiasaan kecil, yaitu melakukan sesuatu yang seharusnya kita lakukan. Nah, sebagai tenaga penjual, bila dia disimplin, dan terbiasa dalam menawarkan produk atau jasanya ke pada ke banyak calon konsumen, katakalah satu hari dia mengunjui 30 sampai 40 calon konsumen, dan dilakukannya setiap hari, sudah dapat dipastikan dia memiliki keterampilan yang tinggi, minimal memahami ciri-ciri mana calon konsumen yang benar-benar ingin membeli, atau hanya sekedar bertanya saja, dan juga akan berdampak tinggi baginya untuk dapat merealisasikan penjualan.

Usaha
Seorang tenaga penjual harus beusaha atau bekerja dengan giat dan sungguh-sungguh untuk selalu mencapai target yang dia inginkan. Usaha yang dimaksudkan disini adalah kegiatan dengan menggerakan kemampuan berpikir, mencurahkan tenaga, dan segala kukuatan fisik untuk mewujudkan atau merealisasikan tujuan yang akan dicapainya. Jadi seorang tenga penjual harus berusaha dengan kerja keras, sehingga bila tenaga penjual lainnhya , bekerja  jam 09,00 pagi hari, dan selesai atau pulang ke rumah jam 18.00 sore hari, kita bekerja dari jam 08.00 pagi hari, dan baru selesai dan pulang keruamh jam 21.00 malam hari dan ini bisa kita lakukan dan biasa kita lakukan. Secara logika sederhana, maka orang yang bekerja lebih rajin, disiplin, dan waktu yang lama, maka akan memperoleh hasil yang lebih banyak dan atau lebih optimal. Bila "AKU" ini ada dalam diri tenaga penjual, maka kesuksesanlah yang pasti akan didapatnya.

Salam Sukses Selalu...






A K U A K U Reviewed by sales motivation on Juni 03, 2016 Rating: 5

5 komentar:

  1. ambisi, keterampilan dan usaha

    mantaaap pak

    BalasHapus
  2. mantap.. ijin share pak lukiono

    BalasHapus
  3. saya sebar ini ke seluruh pegawai saya pak. lanjutkan karyanya!

    BalasHapus
  4. setelah membaca tulisan Bapak, ambisi saya semakin kuat untuk memperluas jaringan bisnis saya. terimakasih Pak sangat menginspirasi.

    BalasHapus
  5. Ambisi, Keterampilan, dan Usaha

    Bagus pak Lukiono

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.