Menciptakan Lingkungan Bersih, Sehat, Dan Indah

Menciptakan Lingkungan  Bersih,  Sehat, dan Indah

Jakarta sebagai ibu kota Negara Republik Indonesia, sudah sewajarnya lah memiliki lingkungan kehidupan yang  bersih, sehat, dan indah,  apalagi sebagai pintu gerbang masuknya para tamu negara ataupun wisatawan manca negara yang mengunjungi kenegara tercinta kita ini. Lingkunagan bersih sehat dan indah ini terkait  dengan keadaan yang bebas dari kotoran, sampah, dan bau , sehingga tidak menjadi sumber terjangkitnya penyakit dan Keindahan Kota.

Pemerintah melalui pemerintahan Daerah Khusus Ibu kota Jakarta (DKI JAKARTA), sudah melaksanakan segala upaya untuk menciptakan lingkungan yang bersih, sehat dan indah, mulai dari pembersihan  sungai- sungai yang berada  dan melintas di tengah kota dari kumpulan-kumpulan sampah, pelebaran bibir sungai, pendalaman sungai , sehingga tidak banjir pada saat turun hujan, sampai pada penggusuran daerah-daerah yang dianggap kumuh, kotor, dan jorok, untuk dibangun dijadikan taman hijau kota yang bersih, sehat, dan indah.

Pemerintah DKI juga merekrut banyak karyawan di bidang kebersihan, yang di kenal dengan pasukan “Orange” sebagai bentuk komitment menciptakan lingkungan hidup kota DKI Jakarta menjadi kota yang bersih, sehat, dan indah. Serta penggusuran daerah-daerah yang dianggap kumuh dan tidak cukup layak menjadi tempat tinggal di lakukan penggusuran, serta penduduk yang menempatinya direlokasi dengan menyiapkan perumahan yang layak huni.

Untuk menjaga lingkungan kota DKI Jakarta yang bersih, sehat, dan indah ini, semata-semata bukan hanya tanggung jawab pemerintah DKI Jakarta saja, tetapi seluruh masyarakat yang bermukim dan tinggal di kota DKI Jakarta ini khususnya, dan juga seluruh rakyat bangsa Indonesia. Mengingat kota DKI Jakarta, selain sebagai pintu gerbang masuknya orang asing dari manca negara, juga merupakan citra diri rakyat dan bangsa Indonesia.

Salah satu faktor penyebab kurang bersihnya lingkungan hidup, disebabkan kesadaraan masyarakat  akan arti pentingnya kebersihan sangat rendah sekali, coba saja kita lihat sampah menumpuk di sungai-sungai, karena mereka lebih senang buang sanpah di sungai dari pada ditepatnya , juga bukan itu saja dijalan-jalan terutama di temapat-tempat umum sampah juga banyak ditemui berserakan, dan yang paling fantastis adalah mereka yang katanya orang kaya dan terpelajar, terlihat membuang sampah melalui kaca kendaraan yang dikemudikannya. Kesadaran akan kebersihan di dalam masyarakat bangsa Indonesia baik yang berstatus rendah, menengah dan atas,  masih sangat rendah, contoh yang terlihat jelas masyarakat menengah keatas, ketika kendaraannya masuk jalan tol, lihatlah struck pembayaran di buang begitu saja sehingga jalan tol kotor dengan struck pembayaran yang berceceran dimana-mana, sehingga merusak pemandangan dan juga menyusahkan  petugas kebersihan di sana.

Untuk mengatasi rendahnya kesadaran masyarakan DKI Jakarta, Khususnya, telah membuat peraturan siapa yang kedapatan membuang sampah sembarangan didenda berupa bayar sejumlah uang atau membersihkan sampah yang ada di sekitarnya. Ini adalah langkah yang baik untuk menimbulkan kesadaran akan pentingnya kebersihan untuk kepentingan bersama.

Demi untuk menciptakan lingkungan yang bersih, sehat, dan indah, maka kita sebagai individu perlu melakukan tindakan-tindakan yang nyata sebagai berikut;

1. Kita harus sebagai contoh untuk orang lain. Dirumah, kita bisa menjelaskan kepada adik kita, kakak kita dan juga kedua orang tua kita, saudara-saudara kita, bahwa menjaga kebersihan itu sangat penting artinya. Beri contoh untuk membuang sampah pada tempatnya. Sediakan tempat sampah secukupnya. Setiap satu minggu sekali kita bisa mengajak keluarga kita melakukan kerja bakti bersih-bersih di dalam rumah dan lingkungan rumah.

2.  Disekolah, di kampus di kantor kita bisa mengajak teman-teman untuk melakukan kegiatan kerja bakti bersama membersihkan lingkuangan sekolah, lingkungan kampus, lingkungan kantor atau berkoordinasi dengan bapak dan ibu guru, bapak dan ibu dosen, ibu dan bapak pimpinan di kiantor. dan bisa juga melibatkan kepala sekolah, Rektor, dan  kepala kantor, atau CEO atau pemilik perusahaan

3. Dilingkungan tempat tinggal, kita bisa mempengaruhi teman-teman kita untuk selalu menjaga kebersihan dengan cara membuang sampah pada tempatnya, dan bisa juga menjadi plopor gerakan bersih-bersih di lingkungan Rukun Tetangga (RT) di tempat kita tinggal. Seperti  kerja bakti bersama  membersihkan tempat pembuangan sampah, membersihkan tempat ibadah, taman, dan jalan yang ada dilingkungan tempat tinggal kita. Memperbanyak tempat pembuangan sampah di lingkungan kita, dan membuat slogan-slogan yang ditempel dipapan pengumuman tentang artinya kebersihan bagi kesehatan bersama, dan lain-lain.

4. Ajak aparat Rukun Tetangga, Ketua RT setempat dan stafnya untuk selalu peduli dengan kebersihan lingkungan, dengan membuat kerja bakti yang terjadwal, dan akomodasi secukupnya, contohnya untuk membayar seseorang untuk dijadikan petugas kebersihan dengan member imbalan setiap bulannya.

Lingkungan yang bersih, sehat, dan indah akan membuat lingkungan tempat kita tinggal menjadi nyaman dan sangat baik untuk kesehatan masyarakat, mencegah timbulnya sumber penyakit , seperti penyakit demam berdara, penyakit diare, muntah berak dan lain-lain.

Dengan mengsosialisasikan arti pentingnya lingkungan yang bersih, sehat, dan indah dengan cara penyebaran dari mulut-kemulut, memungkinkan akan adanya perhatian warga atau masyarakan untuk melakukan kebersihan lingkungan secara terjadwal.

Akhirnya kegiatan melakukan kebersihan bersama menjadi suatu kebiasaan bersama dan tumbuhlah budaya hidup dalam menjalani hidup bermasyarakat di lingkungan tempat tinggalnya.

Bumi dan udara merupakan tempat dimana kita bisa hidup, dan sebagai rumah tinggal kita,  bumi dan udara yang bersih merupakan asset bagi hidup dan kehidupan kita sekaligus bagi makhluk hidup lainnya.


Selamat Bekerja Membersihkan Lingkungan hidup kita…..







Menciptakan Lingkungan Bersih, Sehat, Dan Indah Menciptakan Lingkungan Bersih, Sehat, Dan Indah Reviewed by sales motivation on Mei 16, 2016 Rating: 5

1 komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.