Passion

Sering kita mendengar kata Passion, sebenarnya apa sih sebenarnya arti Passion ? Pengertian Passion menurut litelatur kamus bahasa Inggris adalah Kata benda, 1. Nafsu ; bernafsu bekerja. 2. Kegemaran pada (for) to have a passion for work, (keinginan besar, kegemaran pada sesuatu ). Menurut hemat penulis passion merupakan dorongan hati yang kuat untuk melakukan sesuatu atau untuk mengerjakan sesuatu. Dorongan yang kuat ini berkaitan dengan kegairahan akibat kegemarannya atau kesukaannya pada sesuatu atau pada apa yang akan dan sedang dikerjakannya.

Salah satu contoh,  bila  kita pernah mengamati seseorang yang sedang bermain golf atau yang lainnya, bila kita amati dan perhatikan, terlihat begitu mereka bergairah sekali, padahal udara panas sekali, dan mereka yang bermain mampu bermain berjam-jam tanpa adanya rasa capek atau ngedumel atau berkeluh kesah dengan udara yang panas. Kenapa bisa ? Hal ini karena mereka adalah hobby atau penggemar dan atau menyukai, menyenagkan bahkan mencintai olah raga golf, sedangkan bagi kita atau orang lain tidak bisa melakukannya, karena memang tidak menyukai olah raga golf. Bahkan akan berucap: "Ngapain siang-siang main golf, panas dan hanya mukul-mukul bola kecil masukin ke lobang."  Jadi dapat disimpulkan bahwa siapapun orangnya bila telah menyukai pekerjaannya akan mengerjakannya dengan sepenuh hati, ikhlas dan mampu mengerjakannya berjam-jam atau waktu yang panjang untuk memperoleh hasil sesuai dengan keinginannya dengan tidak merasakan keletihannya.

Seberapa pentingkah passion dalam kehidupan kita sehari hari ? Menurut hemat penulis, passion sangat penting bagi hidup dan kehidupan kita, karena salah satu manfaatnya adalah kita bisa meningkatkan atau mendongkrak kinerja kita bila kita sebagai karyawan, bila kita sebagai pengusaha atau pemilik perusahaan, kita memiliki kecenderungan atau dorongan yang kuat untuk selalu mengejar dan mengembangkan usaha yang kita miliki dan sangat bergairah sekali dalam menciptakan keuntungan perusahaan,  bagi seorang pelajar dan atau mahasiswa akan selalu cenderung bergairah dalam belajar dan akan secepat mungkin dapat menyelesaikan sekolahnya atau kuliahnya dengan nilai yang baik.

Menurut hemat penulis setiap manusia atau setiap orang memiliki passionnya sendiri-sendiri, lalu apa yang dilkukannya, yang harus dilakukannya adalah mencari, menemukan, dan membawanya dalam hidup dan kehidupannya sehari-hari, masalahnya adalah bagaimana cara mencari dan menemukan passion diri sendiri ?

Ciri-Ciri Orang Yang Tidak Memiliki Passion Dalam Bekerja Dan Atau Berusaha
1. Tidak mempunyai semangat yang menggebu-gebu dalam bekerja dan atau berusaha
2. Selalu mengeluh, memiliki banyak alasan, dan berkeluh kesah dalam bekerja atau melakukan sesuatu
3. Menghitung untung dan rugi, contoh : "Saya di gaji sekian, maka saya bekerja sekian juga."
4. Banyak mengaso atau sebentar-bentar istirahat.
5. Bosan atau bosanan dalam bekerja dan atau berusaha, tidak tetap dan selalu berubah-rubah
6. Tidak pernah mencapai target atau tujuannya yang telah di rencanaknnya
7. Bekerja sebatas yang di gaji atau dibayar, tidak pernah mau berkorban sedikitpun
8. Tidak pernah dan tidak akan mencapai prestasi di bidang apapun
9.Bekerja tidak fokus atau asal selesai saja, tidak pernah berkerja dengan hasil terbaik
10. Tidak benar-benar menyukai pekerjaannya, bekerja sekedarnya tidak secara totalitas

Ciri-Ciri Orang Yang Memiliki Passion Dalam Bekerja Dan Dalam Berusaha
1. Tidak pernah sama sekali merasa bosan terhadap pekerjaan dan usaha yang sekarang dilakukan atau dijalankannya. Contoh : Seorang tenaga penjual yang memiliki passion atau bekerja dengan passionnya, mereka secara  konsisten melakukan pekerjaannya sampai mereka mencapai target bahkan over target terus menerus setiap bulannya, sampai mereka menjadi orang yang sukses dan hidup sesuai dengan cita-citanya.
2. Untuk mencapai target penjualan atau pekerjaan yang telah ditentukan atau usaha yang sedang dirintisnya, mereka rela mengorbankan segala apa yang dimilikinya walaupun harus kehilangan segala-galanya. Contoh; mereka mengorbankian pikiran, tenaga, waktu, bahkan harta bendanya dan bahkan jiwa dalam mencapai dan atau menyelesaikan tugas atau pekerjaan yang diamanahkannya atau yang telah menjadi tanggung jawabnya dan atau usaha yang telah dirintisnya. Bila mereka adalah tenaga penjual, terlebih dahulu mereka berani mengorbankan uang pribadinya atau harta benda miliknya, bukan hanya sekedar waktu, jiwa  dan tenaganya saja, demi untuk mengejar target penjualan yang ada dihadapannya.
3. Bekerja atau melakukan sesuatu dengan tulus dan ikhlas, tidak atas paksaan dari siapapun. Apapun yang dilakukan dan bagaimanapun hasilnya itu adalah karyanya, yang dapat diberikan dengan bekerja secara ikhlas. Contoh : Mereka tidak pernah menunjukkan diri bahwa saya bekerja dengan sudah banyak berkorban, saya yang capek dan sebagainya, kalau kita bekerja ikhlas bila kita masih mengeluh dan mengatakan : "sayalah yang banyak bekorban dan membantu..." itu namanya beluk bekerja secara ikhlas.
4. Bekerja dan atau melakukan sesuatu, mereka yang bekerja dengan passionnya tidak pernah menghitung laba rugi dari kegiatan atau aktivitas yang di lakukan, seberapapun gaji atau upah atau honor yang dia peroleh, atau bahkan tidak dibanyarpun, mereka bekerja dengan penuh gairah, fokus, dan memberikan yang terbaik dan mnegerjakan dengan segala kemampuan yang dimilikinya.
5. Mereka yang bekerja dengan passionnya benar-benar sangat menyukai pekerjaannya bahkan mencintainya, sehingga berapa lamapun mereka bekerja, dan berapa sulit dan kerasnya mereka bekerja, mereka tahan untuk terus bekerja dalam jangka waktu yang lama atau lembur beberapa jam pun dilakuknnya dengan tidak merasa lelah. Contoh : Seorang Tenaga Penjual demi untuk mengejar target penjualannya mampu bekerja 12 Jam sehari bahkan lebih, dan mereka tidak mengeluh merasa capek.
6. Mereka yang bekerja  dengan passionnya setiap saat, setiap kesempatan, dan dalam situasi serta kondisi apapun selalu memikirkan bagaimana mewujudkan atau merealisasikan pekerjaannya atau usahannya dan atau tujuan yang diinginkannya. Tidak akan pernah berhenti untuk berpikir sampai tujuan yang diinginkannya tercapai. Contoh Seorang Tenaga Penjual bulan ini harus mencapai double target, maka stiap hari terus menerus mereka akan memikirkan cara bagaimana mencapainya, dan selama belum tercapai  double target atau target 200 % mereka tidak pernah mau berhenti memikirkan untuk mencapainya.
7. Mereka yang bekerja dengan passion selalu berusaha sekeras mungkin melakukan hal yang terbaik dan menyajikan hasil yang baik juga. Setiap hari di jadikanlah sebagai pelung untuk bekerja lebih baik lagi, mereka bergairah dengan selalu menjadikan setiap hari adalah hari yang baru dan harus disis dan dilewati dengan bekerja sebaik mungkin dan hasil seoptimal mungkin.
8. Mereka yang bekerja dengan passion tidak pernah berubah-rubah, mereka selalu memegang teguh prinsip yang telah di canangkan dalam dirinya pada situasi dan kondisi apapun
9. Mereka yang bekerja dengan passion selalu berusaha melakukan pekerjaannya atau usahanya dengan benar dan tidak pernah mau menyimpangkan aturan-aturan yang sudah ada dan harus dipatuhinya.
10. Mereka yang bekerja dengan passion, tidak pernah mengenal rasa takut dan malas untuk melakukan pekerjaannya dan kewajibannya sampai mendapatkan hasil yang telah ditentukan.

Kesimpulan yang dapat kita ungkapkan dari uraian diatas adalah passion merupakan satu bentu dari kekuatan yang kita miliki (orang biasanya menyebut Energi atau power), dan kekuatan ini akan muncul bila kita memang benar-benar sangat menyukai apa yang kta kerjakan, dan bahkan sangat menyenangi atau mencintai, sehingga akan berdampak atau membuat diri kita termotivasi untuk setiap saat semangat penuh gairah, untuk melakukan pekerjaan atau usaha dengan rasa senang hati, tanpa paksaan, bahkan dengan suka rela atau ikhlas mengerjakannya tanpa iming-iming meminta imbalan dan  atau tanpa imbalan sedikitpun.

Cara Bagaimana  Bekerja Atau Melakukan  Pekerjaan Dan Atau Sesuatu Dengan Passion 
1. Menyukai, menyenagi dan atau mencintai pekerjaan. Mulanya memang kita tidak menyukai, menyenagi  , mencintai pekerjaan kita, tapi kita harus berusaha menyukai, menyenangi dan mencintainya. Contoh : Awalnya saya tidak menyukai, menyenangi, bahkan mencintai pekerjaan menjadi tenaga penjual atau Salesman, tapi saya berusaha menyesuaikan kondisi saya dengan pekerjaan menjual, dengan cara mencoba dan mencoba terus untuk menyukainya, dan menyenaginya dan akhirnya saya terbiasa dengan pekerjaan menjadi seorang tenaga penjual dan mencintainya hingga sekarang, dan terus melakukan penjualan sampai saat ini.
2. Sesegera mungkin kita memeriksakan diri kita dan menjawab pertanyaan sebagai berikut :"Apakah yang saya kerjakan ini adalah pekerjaan yang benar-benar saya sukai, sayangi, dan saya cintai ... ? Bila jawabnya iya, periksalah minat dan niat kita untuk mewujudkan tujuan hidup kita melalui pekerjaan kita ini. Bila jawabnya tidak, berusahalah menyukainya, menyenaginnhya, dan mencintainya, bila tidak bisa juga pergi atu keluarlah untuk mencari pekerjaan, atau kegiatan, atau aktivitas lain yang dapat kita sukai, senangi, dan cintai.
3. Buat dan rencanakan tujuan hidup kita yang benar-benar kita sukai, minati, dan gemari,  dan pastikan telah disusun dan di jabarkan cara-cara  atau langkah-langkah untuk mewujudkannya. Biasanya passion akan muncul bila hal ini sudah ada, jelas dan terinci.
4. Belajar, belajar, dan belajar, perluas wawasan dan tingkatkan kemampuan melalui belajar baik dari membaca buku dan berbagi dari orang lain, sehingga akan muncul passion kita seiring dengan bertambah
nya wawasan, pengetahuan, dan kemampuan kita.
5.Bekerjalah dan atau berusahalah dengan totalitas jangan setengah-setengah, karena hasilnya juga akan setengah-setengah, pusatkan pikiran atau tetap fokus terhadap apa yang sedang dikerjakan atau dilakukan.

Salam sukses selalu ....











Passion Passion Reviewed by sales motivation on Mei 16, 2016 Rating: 5

4 komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.