INTEGRITAS

Menurut kamus umum bahasa Indonesia Integritas adalah mutu, sifat, keadaan yang menunjukkan kesatuan yang utuh, sehingga memiliki potensi dan kemampuan yang memancarkan kewibawaan, kejujuran. Berdasarkan pengertian tersebut, kita semua bisa memahaminya sesuai dengan persepsi kita masing-masing dan membuat kesimpulan sesuai dengan pemahaman dan keobyektivitasan masing-masing. Mohon maaf dengan segala kerendahan hati, penulis ingin berbagi mengenai integritas yang merupakan hal yang penting untuk kita ketahui, sebagai salah satu bagian dari pengetahuan agar dapat lebih mudah menjalankan kehidupan.

Menurut hemat penulis, integritas merupakan kesatuan pikiran, ucapan, sikap, dan tindakak atau tingkah laku, sehingga akan menghasilkan kepercayaan bagi orang lain. Hal ini jugalah banyak pendapat yang mengatakan integritas adalah layak untukdipercaya. Lebih jelasnya integritas itu adalah pikiran yang baik dan benar, ucapan yang baik dan benar, sikap yang baik dan benar, bertindak yang baik dan benar, diawasi atau tidak diawasi, dipaksa atau tidak dipaksa dan atau dibawah tekanan dan tidak dibawah tekanan, kita selalu melakukan yang baik dan benar. Bila integritas ini kita lakukan dan kita jadikan kebiasaan maka akan berefek pada timbulnya kepercayaan orang lain kepada diri kita. 

Dalam praktek kepemimpinan, kita sebagai pemimpin, baik itu kita memimpin diri sendiri, memimpin keluarga, memimpin bidang politik, memimpin bidang militer, memimpi agama, memimpin bisnis, semuanya pemimpin bila tidak memiliki integritas berarti meraka tidak akan pernah mendapatkan kepercayaan yang layak, baik dari anggotanya, bawahannya atau karyawannya, dan atau pengikutnya.

Berpikir, berucap, bersikap, dan bertindak yang baik dan benar menurut ukuran apa ? Tentunya adalah peraturan-peratulan, nilai-nilai, prinsip-prinsip yang berlaku dimasyarakan dan di negara ini, serta ketentuan-ketentuan lainnya yang beralku di organisasi maupun perusahaan, dan  yang paling dipegangnya adalah aturan-aturan keimanan dari keyakinannya terhadap Tuhan Yang Maha Esa.

Menurut hemat penulis, mudah-mudahan tidak salah dan menyalahi, orang yang memiliki integritas, sudah pasti jujur, tapi orang jujur belum tentu memiliki integritas, sebab terkadang berbuat jujur, sering dilakukan bila kita takut karena diawasi, Contoh : Mereka mau berkata jujur setelah diintrogasi atau setelah ada tekanan dan paksaan, atau berbuat jujur karena terpaksa agar tidak dikenakan sanksi. 

Efek dari integritas adalah kejujuran, efek dari kejujuran adalah memperoleh kepercayaan dan akhirnya layak untuk dipercaya. Bila saja kita semua menyadari betapa pentingnya hidup memiliki integritas yang tinggi, tentunya kita akan banyak kemudahan dalam menjalani hidup dan kehidupan di dunia yang fana ini. Orang yang memiki integritas selalu bersandar pada ketentuan Tuhan.


Salam Integritas...






INTEGRITAS INTEGRITAS Reviewed by sales motivation on April 25, 2016 Rating: 5

3 komentar:

  1. pak saya bisa minta nomor telepon nya pak ? saya mau tau lebih banyak tentang cara menulis .. balas ya pak

    BalasHapus
  2. Manatap pak luki.. Integritas adalah hal yang sudah lama hilang di negeri ini

    BalasHapus
  3. Manatap pak luki.. Integritas adalah hal yang sudah lama hilang di negeri ini

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.