Akuntabilitas

Banyak pemimpin di organisasi sosial, kenegaraan, profit atau perusahaan, dan pemimpin-pemimpin ditingkat apapun, kebanyakan mereka mengalami kegagalan bukan karena banyak faktor kelemahan yang ada pada dirinya, tetapi banyak dari mereka, para pimpinan jatuh dan gagal memimpin oleh karena tidak memiliki akuntabilitas atau tidak bisa mempertanggung jawabkannya tugas, fungsi, wewenang dan tanggung jawabnya sebagai pemimpin.

Untuk menghindari kegagalan kita sebagai pemimpin dalam mempertanggung jawabkan fungsi, tugas, wewenang dan tanggung jawab, yang biasanya di pertanggung jawabkan dalam rapat enam bulananatau  satu
tahunan, hanya ada dua hal yang penting dan yang utama yang harus kita perhatikan dan jalankan saat memimpin agar kita memiliki akuntabilitas yang baik  adalah sebagai berikut :

1. Lihat, baca, pahami, dan lakukan apa saja yang boleh dan harus kita lakukan sebagai pemimpin di organisasi atau perusahaan tersebut. Bila perlu buat catatan sendiri. Buat jadwal kegiatan harian yang sesuai dengan yang kita pahami tersebut, walaupun terkadang ada kegiatan yang berulang atau rutinitas. Perlu dicatat adalah jangan melakukan rutinitas yang tidak membawa perubahan, kita boleh dan sah-sah saja melakukan kegiatan yang bersifat rutinitas tetapi harus ada perubahan menuju ke arah lebih baik atau berkembang. Bila ini kita lakukan, maka arah dari pada kerja  atau tindakan kita menuju ke arah yang bernar yaitu kearah pencapaian tujuan organisasi dan atau perusahaan.


2. Lihat, baca, pahami, dan jangan dilakukan apa saja yang tidak boleh atau dilarang dilakukan di organisasi atau perusahaan dimana kita berada.. Buat catatannya  dan selalu dibawa atau dijalankan dalam hidup dan kehidupan kita sebagai pemimpin. Di terapkan dalam kehidupan sehari-hari dan dibiasakan untuk tidak melakukan hal-hal yang dilarang atau tidak boleh dilakukan dalam oraganisasi atau perusahaan. Bila hal ini kita patuhi, maka kita melakukan sesuatu atau tindakan kita mendekati tujuan organisasi atau perusahaan tersebut. 

Kedua hal tersebut sangat sederhana dan sepele sekali, tapi bila kita abaikan, akibatnya akan sangat fatal bagi kepemimpinan yang kita lakukan. Kata kunci yang dapat kita pegang adalah self control atau pengedalian diri kita untuk benar-benar melakukan hal-hal yang di bolehkan, dan tidak melakukan hal-hal yang tidak boleh kita lakukan.

Bila kedua hal ini kita pegang dan laksanakan dengan komitmen yang tinggi dan tekad yang bulat, diakhir tahun atau pada saat enam bulanan dalam meeting atau pertemuan untuk pertanggungjawaban diri kita sebagai pemimpin akan segera dapat mempertanggungjawabkannya dengan baik dan benar.

Salam menjadi pemimpin yang memiliki Akuntabilitas...












Akuntabilitas Akuntabilitas Reviewed by sales motivation on April 26, 2016 Rating: 5

1 komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.