PEMIMPIN YANG BERHASIL

Menjadi pemimpin semua orang pasti bisa, karena pada hakekatnya semua manusia adalah pemimpin, sekurang-kurangnya memimpin diri sendiri. Di dalam masyarakat suatu bangsa dengan berbagai pendekatan topik kepemimpinan atau menjadi pemimpin yang baik, benar dan berhasil selalu saja di kaji baik melalui lokakarya, seminar, diskusi-diskusi dan lain-lain dan selalu menjadi pembahasan yang up to date dan berkelanjutan hingga saat ini. Berikut adalah sharing mengenai pemimpin yang berhasil dalam menjalankan proses kepemimpinannya. semoga bermanfaat.

1. Pemimpin yang berhasil dalam menjalankan kepemimpinannya siap sedia dengan sepenuh hati dan menguras tenaga serta pikirannya agar perusahaan yang dipimpinnya mendapatkan profit yang baik dan cash flow yang sehat. Mereka selalu berpikir kreatif dan mencari strategi bagaimana caranya merebut pasar yang ada dengan cara bersaing yang sehat melawan kompetiter, dan berusaha sekeras mungkin untuk meningkatkan produktivitas karyawan dan atau bawahannya. Mereka terus menerus mencoba dan mencoba lagi tidak akan pernah berhenti sampai mereka berhasil.

2. Pemimpin yang berhasil memiliki pribadi yang sangat kuat untuk selalu berusaha menjadikan dirinya seorang pemenang dan dirinya selalu yakin akan dapat menemukan jalan keluar atas hambatan dan rintangan yang dihadapinya. Mereka selalu bersemangat, bergairah, dan tidak mengenal putus asa, sekalipun kelihatannya hambatan dan rintangan belum ada tanda-tanda membaik atau dapat diselesaikan. Mereka sangat yakin bahwa hambatan, rintangan, halangan, dan kesulitan seberat atau sesulit apapun pasti ada jalan keluarnya yang akan menjadikan dirinya seorang pemenang.

3. Pemimpin yang berhasil memiliki pribadi yang mandari, artinya dalam melakukan kepemimpinannya atas dasar dirinya sendiri tidak pernah tergantung atau disetir kepada atau oleh orang lain, baik oleh atasannya ataupun bawahannya. Mereka memiliki kemandirian yang tinggi dalam menjalankan kepemimpinannya.

4. Pemimpin yang berhasil dalam melakukan praktek kepemimpinannya selalu dengan semangat yang menyala-nyala, sehingga menimbulkan gairah (passion) dan hasrat yang sangat kuat dalam dirinya dan seluruh karyawan dan atau bawahannya untuk berbuat semaksimal mungkin. Mereka selalu saja merasa ketagihan atau kecanduan untuk melakukan pekerjaan dengan hasil yang semaksimal mungkin.

5. Pemimpin yang berhasil jika dalam menjalankan pekerjaannya mengalami kesulitan dan hambatan tetap selalu berpkir positif, berbicara positif, bersikap positif, dan bertindak positif dan tidak akan pernah mengeluh, serta tidak pernah mencari kambing hitam penyebab masalah kepada siapa pun, begitu pun juga tidak menyalakan situasi atau kondisi. Bila terlintas di pikiran mereka hal yang negatf, segera dibuangnya pikiran negatifnya tersebut dan atau segera dirubahnya pikiran negatf tersebut menjadi positif. Bagi mereka kesulitan dan hambatan merupakan tantangan yang harus dihadapi dengan penuh keyakinan dan optimisme yang tinggi, dan bila berhasil sudah pasti akan memperoleh keuntungan yang tidak sedikit.

6. Pemimpin yang berhasil selalu menyadari bahwa apa yang diperolehnya adalah bukan semata-mata atas hasil dirinya sendiri, tetapi juga atas bantuan orang lain (staf  / karyawannya), oleh karena itu mereka siap menerima masukan, kritikan dan siap untuk dikoreksi. Mereka percaya bila ingin maju dan menjadi pemimpin yang baik dan benar harus siap mengadakan perubahan diri sendiri ke arah yang lebih baik. Mereka tidak menjadikan dirinya sendiri sombong, tetapi tetap mau belajar terus, karena hidup ini adalah pembelajaran yang tidak akan ada hentinya. 

7. Pemimpin yang berhasil selalu dituntut untuk memiliki kebesaran jiwa dan tidak pernah berkecil hati dalam menghadapi setiap kegagalan. Mereka selalu meyakini dan berpandangan bahwa kegagalan merupakan "bumbu penyebab" dalam melakukan kegiatan sehari-hari. Mereka selalu mementingkan kepentingan perusahaan dan karyawannya dibandingkan dengan kepentingannya sendiri. Mereka selalu bersedia belajar dari kegagalan-kegagalan yang dialaminya, dan berusaha sekuat tenaga untuk tidak mengalami kegagalan-kegagalan lagi.

8. Pemimpin yang berhasil selalu meluangkan dan memanfaatkan waktunya untuk belajar, karena mereka berkeinginan untuk menyiapkan diri untuk posisi berikutnya dan atau agar prestasi yang diraihnya terus bertahan dan meningkat.

9. Pemimpin yang berhasil selalu menjadikan dirinya teladan yang baik atau panutan yang baik oleh seluruh karyawanya. Cara berpikir, berbicara / berkomunikasi, bersikap, dan bertindak selalu menjadi panutan dan memberikan inspirasi bagi bawahannya untuk meniru dan melakukannya.

10. Pemimpin yang berhasil memiliki kharisma, integritas, dedikasi, mampu dan berani mengambil keputusan, mau membantu, bekerja tidak hanya memerintah, dan mau mendengarkan.

11. Pemimpin yang berhasil benar-benar mencintai pekerjaannya, bukan hanya sekedar memenuhi kewajibannya kepada perusahaan dan atas dorongan atasannya, akan tetapi pekerjaannya memiliki makna, dan kepuasan lahir dan bathin tersendiri. Mereka selalu mencurahkan seluruh jiwa, pikiran, nurani, perasaan, dan perhatian kepada pekerjaannya.

12. Pemimin yang berhasil memiliki keinginan yang tinggi untuk menyelesaikan sebuah masalah. Mereka menciptakan cara-cara baru untuk memenuhi kebutuhan secara financial dan emosional seluruh karyawannya. Mereka dapat melihat kondisi karyawannya seperti apa adanya. Mereka tidak pernah mencoba untuk menyelesaikan masalah bila benar-benar belum memahami.

13. Pemimpin yang berhasil memahami jika tidak segera bertindak tidak akan pernah menghasilkan sesuatu. Mereka sangat disiplin dan tertib dalam menyelesaikan pekerjaan yang dilakukan dan selalu berusaha sekuat tenaga untuk mencapaitujuan yang ditetapkan walaupun itu hanya tujuan yang berskala kecil.

14. Pemimpin yang berhasil memiliki perilaku yang baik dan sangat bersopan santun dalam berhubungan dengan orang lain, bawahan dan atau atasannya. Mereka sangat yakin bersopan santun dalam berprilaku adalah cara untuk menghormati orang lain. Mereka memahami bahwa orang lain akan menghargai dirinya, jika ia menaruh hormat kepada oarang lain tersebut. Mereka sangat memahami bahwa sikap saling menghormati satu sama lainadalah dasar atau landasan yang kuat dalam membangun hubungan yang baik dan langgeng termasuk dalam menjalin hubungan dengan bawahan dan atau atasannya.

15. Pemimpin yang berhasil ahli dalam mengedukasi seluruh karyawannya dengan penjelasan yang rinci dan mendetail. Mereka memiliki kemampuan yang tinggi untuk menganalisa dan menimbulkan dan meningkatkan kredibilitas atau kepercayaan terhadap dirinya di hadapan seluruh jajaran karyawan.

16. Pemimpin yang berhasil selalu bertindak berulang-ulang atau berulang kali dan tidak pernah berhenti memberikan pembelajaran, bimbingan, dan arahan kepada seluruh jajaran bawahannya, sehingga produktivitas dan atau kualitas bawahannya meningkat.

17. Pemimpin yang berhasil selalum kreatif mencari dan mendapatkan ide-ide baru untuk kemudian dibuatkan sebuah rencana, setelah itu disosialisasikan kepada bawahannya dan akhirnya dilaksanakan.

18. Pemimpin yang berhasil selalu yakin akan kepemimpinan yang dilakukannya adalah baik, benar, dan menarik, serta mereka yakin semakin banyak bawahannya merasa senang dan percaya atas kepemimpinannya, maka kinerjanya akan meningkat.



PEMIMPIN YANG BERHASIL PEMIMPIN YANG BERHASIL Reviewed by sales motivation on Oktober 09, 2015 Rating: 5

6 komentar:

  1. Sangat setuju pak lukiono.. ngomong2 kalo mau konsultasi lebih jauh untuk perusahaan saya, bisa atur pertemuan nya gmn ya pak??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa saja silakan hub ke email saya, lookiono@gmail.com terima kasih

      Hapus
  2. Balasan
    1. kapannya tunggu saja ... jadwal aktivitas 20016

      Hapus

Diberdayakan oleh Blogger.