Percaya Diri Tenaga Penjual



Sebagai seorang tenaga penjual atau siapapun juga apapun profesinya percaya kepada diri sendiri (PD), merupakan syarat yang penting dan harus kita miliki untuk melakukan dan mempercepat pencapaian visi, harapan, tujuan, keinginan, dan cita-cita yang kita impikan atau idam-idamkan. 

Dalam hubungannya dengan profesi tenaga penjual, percaya diri sangat amat penting, karena setiap hari pekerjaan kita dituntut untuk bertemu dengan orang lain dan banyak orang atau calon konsumen, untuk menawarkan, mempengaruhi, membujuk, merayu dan menumbuhkan minat calon konsumen untuk membeli produk atau jasa yang kita tawarkan.

Apa yang harus tenaga penjual lakukan supaya memiliki dan meningkatkan percaya dirinya, banyak hal yang dapat dilakukan seperti :
Apapun alasannya percaya diri itu tidak akan tumbuh dan berkembang menjadi lebih kuat,  bila tenaga penjual tidak memiliki keberanian dan kemampuan untuk menerima tanggung jawab dan merasa nyaman (enak) melakukannya.. Contoh: Supervisor atau pimpinan penjualan mengatakan kepada seorang tenaga penjual : “Bulan ini kamu harus naik targetnya bukan 30 juta lagi tapi menjadi 50 Juta, bila tenaga penjual itu mengatakan: “ Siap Pak, laksanakan ... ! Saya bersedia dan mampu mencapai target 50 juta, ini berarti si tenaga penjual ini berani menerima dan melaksanakan tanggung jawab yang di tugaskan dengan nyaman, walau mungkin lebih berat dari sebelumnya. Berani mengambil risiko dan menerima tanggung jawab yang lebih besar dari biasanya dan dilakukan dengan nyaman mencerminkan tenaga penjual ini memiliki kepercayaan diri yang tinggi dan kuat, sesuai dengan kemampuan dan kesempatan yang ada atau kesempatan yang diberikan oleh atasannya.
Setiap tenaga penjual selalu harus mengembangkan nilai-nilai positif kesemua yang ada di dalam diri kita, Contohnya: Berpikir positif, berbicara positif, bersikap positif, dan bertindak positif baik bagi diri kita sendiri maupun dalam hubungannya dengan orang lain, dan banyak orang. Sehingga bila nilai-nilai positif sudah menjadi budaya dalam kehidupan kita, maka rasa percaya diri kita akan berkembang dengan sendirinya menjadi lebih baik lagi.
Melihat, membaca, mengetahui, dan memahami potensi diri yang kita miliki. Potensi diri ini dimaksudkan adalah kita memiliki tubuh atau fisik yang sehat dan harus selalu kita dijaga kebugarannya, begitu juga kita memiliki mental dan pikiran yang sehat dan juga harus selalu dijaga kestabilan dan keseimbangannya, serta sikap yang selalu positif harus dijaga jangan sampai teracuni oleh sikap-sikap negatif. Bila kita memiliki potensi diri yang baik dan selalu prima, secara otomatis kepercayaan diri kita akan tumbuh dan terus berkembang lebih tinggi dan lebih kuat lagi.
Selalu berani dan mampu mengambil risiko. Kepercayan diri tidak akan dapat bertumbuh dan berkembang menjadi lebih tinggi dan lebih kuat, tanpa keberanian dan kemampuan untuk mengambil risiko yang akan diterimanya, walau resiko itu akan menyakitkan dirinya atau mengancam posisinya atau kehilangan sesuatu dari dirinya, misalnya penghasilannya menjadi sedikit. Contohnya: seorang tenaga penjual yang cukup berhasil di promosikan sebagai Supervisor, tentu dia akan kehilangan penghasilan yang besar karena setiap bulan tenaga penjual ini selalu over target, karena penghasilan sebagai Tenaga Penjual tidak terbatas, sedangkan bila menjadi Supervisor penghasilannya berkurang walaupun jabatannya atau gengsinya naik, tapi tenaga penjual ini menerima promosi tersebut dengan prisnsip dicobanya dulu dengan sungguh-sungguh, bila gagal berarti merupakan ujian atau uang sekolah untuknya, bila berhasil tenaga penjual tersebut mendapatkan semuanya baik jabatannya serta gaji, insentif, tunjangan jabatan akan di perolehnya dan bisa melebihi penghasilannya sewaktu menjadi tenaga penjual.      
Setiap saat harus selalu menolak setiap masukan atau saran yang bersifat negatif atau tidak bermanfaat atau merugikan. Dalam mengembangan percaya diri sangat perlu juga kita memilah-milah mana saran yang positif dan mana saran yang negatif, sehingga kita paham dan tidak memperoleh masukan atau saran atau masukan negatif yang dapat melemahkan, melunturkan, dan bahkan menghilangkan percaya diri yang kita miliki.
Untuk selalu menumbuh kembangkan, menguatkan, menjaga, dan terus meningkat kepercayaan diri kita, saran-saran yang ada tentunya yang positif sajalah yang dapat kita ikuti dan laksanakan, sehingga kestabilan dan keseimbangan pikiran, sikap mental, perkataan, dan tindakan kita selalu terjaga.
Menjadikan, hambatan, kesulitan, keterbatasan, ketidaktahuan, penderitaan, ketidaknyamanan,  dan keresahan bukan hanya dijadikan sebagai tantangan yang menantang dan harus diselesaikan, tetapi lebih dari itu, itu semua kita jadikan sahabat karib kita atau “orang tua” kita yang selalu mendampingi dalam kehidupan kita sehari-hari dalam melakukan pekerjaan kita sebagai tenaga penjual. 
Dengan demikian kita sudah tebiasa dengan hal-hal seperti ini, dan sesuai dengan jam terbang, pengalaman, pengetahuan, kebiasaan-kebiasaan berpikir positif, bersikap positif, berkata positif, dan berbuat positif, serta keterampilan yang kita miliki, dapat dipastikan kita mampu dan dapat menyelesaikan masalah-masalah  tersebut dengan tidak terlalu menyusulitkan, menyusahkan, dan merepotkan. hal ini lah yang dapat mengakibatkan percaya diri kita akan terjaga dan selalu bertumbuh dan berkembang menjadi lebih tinggi dan lebih kuat lagi.


Elbert Hubbard (Ahli Psikologi) :
Delapan Rumus Untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Tenaga Penjual
  1. Aku percaya bahwa setiap ide, jasa ataupun barang yang baik, dapat dijual kepada orang yang baik, dengan cara-cara yang baik pula, dan pada dasarnya semua orang adalah baik, asal didekati dengan cara yang baik.
  2. Aku percaya bahwa ide, jasa maupun produk yang kujual adalah baik, dan oleh karenanya aku yakin akan mencapai sukses dalam pekerjaanku.
  3. Aku telah mengambil ketetapan hati, untuk bersedia berjerih payah melakukan sesuatu yang baik bagi orang lain , oleh karenanya aku tidak takut atau berkeluh kesah bila menemui kesulitan, karenanya aku akan memilih menyenangi pekerjaanku.
  4. Aku percaya bahwa setiap orang yang ingin mendapatkan apa yang dicita-citakan, harus bersedia mengerjakannya dengan tekun disertai hasrat yang menyala-nyala. Oleh sebab itu, satu perbuatan yang dilakukan pada saat ini, lebih berharga dari pada dua perbuatan yang dilakukan esok hari. Untuk itu aku tidak akan menyerah sebelum berhasil.
  5. Aku yakin bahwa pekerjaan yang kulakukan hari ini akan membawa kebaikan bagi orang lain, juga bagiku dan karenanya hasilnya pasti kuperoleh pada masa yang akan datang.
  6. Aku berjanji akan berlaku sopan santun, berlaku mulia serta pemurah, ramah, dan selalu gembira, menghargai  persahabatan dan bersaing dengan jujur.
  7. Aku percaya, bahwa di mana-mana selalu tersedia pekerjaan bagi setiap orang yang sudah siap sedia melakukannya.
  8. Aku percaya bahwa aku sudah siap sekarang juga.
Note : Delapan rumus kepercayaan diri ini  adalah rumus kepercayaan kepada diri sendiri, yang dianjurkan untuk dibaca keras-keras untuk kepentingan sendiri.

SALAM SUKSES, SEJAHTERA, DAN BAHAGIA SELALU ...
Percaya Diri Tenaga Penjual Percaya Diri Tenaga Penjual Reviewed by sales motivation on September 08, 2014 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.