KREATIVITAS SEORANG TENAGA PENJUAL




Kreativitas adalah kegiatan memikirkan sesuatu hal yang baru yang belum pernah dilakukannya untuk dapat digunakan sebagai solusi pemecahan masalah yang belum atau tidak dapat dipecahkan.

Ada seorang tenaga penjual yang datang menghampiri saya, dan dia curhat kepada saya, bahwa dia bekerja sudah tiga bulan tetapi tidak pernah mencapai target, pencapaian targetnya hanya paling tinggi 50%, padahal dia bekerja setiap hari dilapangan dalam menawarkan barang atau produk yang dijualnya lebih dari 8 jam, kadang-kadang bahkan sampai 10 jam berkerja dalam satu hari. Menurut pengakuannya segala daya dan upaya telah dilakukannya, habis-habisan bekeja keras demi untuk mencapai target penjualan 100%. Saya hanya mendengarkannya saja sembari sesekali tersenyum, dalam hati saya berbicara ; "... tinggi sekali kemauannya dan antusias sekali...." Akhirnya saya memberikan saran kepadanya ketika dia meminta saran bagaimana bisa berhasil mencapai target penjualannya yang selalu dituntut oleh pimpinannya.  Ucapan pertama saya kepadanya kamu harus KREATIF, kemudian dia berkata ; "maksudnya bagaimana ... ?" saya jawab ya harus kreatiflah .... dia melanjutkan lagi bagaimana caranya ... ?" Saya perhatikan raut wajahnya dan gerak-gerik tubuhnya, sangat mengharap jawaban selanjutnya dari saya... Selanjutnya saya jelaskan dengan satu persetujuan bahwa waktu kita dan pembicaraan kita akan sangat sia-sia bila dia tidak melakukannya (take action) apa-apa yang sudah dibicarakan, dia setuju bahkan berkomitmen untuk melakukannya seumur hidup demi mencapai cita-citanya. Saya pun mulai menjelaskannya.... 

Langkah pertama saat ini yang harus anda lakukan adalah berpikir, mengingat-ingat, merenungkan, dan menilai cara-cara yang selama ini anda lakukan dalam menjual atau pada saat menawarkan kepada seseorang atau calon konsumen yang anda temui atau kunjungi. Apa saja yang anda ucapkan, bicarakan, dan jelaskan kepada calon konsumen dan perbuatan apa saja yang anda lakukan. Saya perintahkan dia untuk mengingat-ingatnya selama lima menit.... Setelah lima menit dia menjelaskan, "Begini pak, dalam menawarkan seperti biasanya saya mengucapkan salam selamat siang, sore, atau malam kepada calon konsumen, lalu mulai menawarkan barang, dan menjawab semua pertanyaan dari calon konsumen... Setelah dia menjelaskan, baru saya jawab ; "Coba kamu ingat-ingat lagi dan sebutkan apa saja yang belum pernah anda ucapkan dan lakukan terhadap calon konsumen supaya calon konsumen tersebut berminat dan membeli barang atau produk yang kamu tawarkan ... ?" Setelah satu menit dia menjawab ; "O,ya, pak, saya tidak pernah menjawab dan menjelaskan pertanyaan calon konsumen yang tidak ada kaitannya dengan saya dan barang yang saya tawarkan."  "Nah, ini masalah utamanya, sehingga anda tidak pernah mencapai target, jawab saya ...."

Selanjutnya saya menjelaskan, kepada dia dengan harapan dia dapat memahaminya dan melakukannya nanti ketika dia melakukan pekerjaannya. Anda harus memperhatikan hal-hal sebagai berikut : Buatlah calon konsumen itu senang dengan kehadiran anda, tebarlah pesona anda dalam arti positif, buatlah diri anda sebagai orang yang menyenangkan, lakukanlah penawaran semenarik mungkin, dengan tersenyum dan muka berseri-seri, tubuh anda menyebarkan bau yang harum, pakai parfum (bukan bau badan), pakaian yang bersih dan sopan, memberikan puji-pujian yang tepat kepada calon konsumen, menjadi pendengar yang baik, menimbulkan kesan ramah dan sopan , sehingga konsumen menemukan teman curhat atau orang  yang tepat dan baik buat diajak bicara, tidak pernah berdebat atau mendebat pembicaraan calon konsumen, sehingga calon konsumen menjadi tersinggung, memberi perhatian, membujuk, mempengaruhi calon konsumen agar memiliki minat dan membeli barang atau produk yang ditawarkan, dan lain-lain. Selanjutnya adalah anda harus, harus, dan harus melakukan kunjungan ke  sebanyak mungkin calon konsumen, atau menemui sebanyak mungkin calon konsumen untuk menawarkan barang atau produk yang anda tawarkan.

Akhirnya dia mendapatkan dan menerapkan ide, dan hasilnya dia mendapatkan perbedaan tanggapan penerimaan calon konsumen yang dia temukan, akhirnya bukan hanya cuma mencapai target, tetapi melebihi target yang ditentukan. Tenaga penjual di atas sebelum datang menemui saya, dia sudah melakukan hal yang kreatif yaitu memikirkan kenapa dia tidak mencapai target, padahal dia sudah bekerja keras dan tenaga penjual tersebut juga memikirkan jalan keluarnyan supaya dia dapat mencapai target  salah satunya adalah dia menemui saya untuk mendapatkan sesuatu yang baru untuk diterapkannya sehingga tujuannya mencapai target bisa dicapainya.

Jadi dapat disimpulkan bahwa kreativitas itu tidak sama dengan kerja keras atau kreativitas itu bukan kerja keras, tetapi kreativitas itu hasil dari pemikiran yang sepenuhnya dengan sungguh-sungguh ingin mengetahui karena suatu kondisi atau situasi yang dialaminya, serta menjawab atas pertanyaan yang dirinya sendiri pertanyakan. Kreativitas banyak menuntut atau sepenuhnya menuntut inspirasi, sehingga menghasilkan ide yang bermanfaat dan berharga yang tidak pernah terpikirkan sebelumnya oleh siapapun termasuk dirinya sendiri.

Untuk selalu dapat memiliki pemikiran yang kreatif, maka kita harus melakukan :
Konsentrasi diri atau memusatkan pikiran atau memfokuskan pikiran pada solusi atau jalan keluar dari masalah yang kita hadapi. Selalu percaya dan menyakini bahwa target yang sudah dicapai, sudah bukan atau tidak dapat dijadikan sebagai target untuk selanjutnya atau di masa depan, tapi buatlah target baru untuk masa depan yang lebih sangat menantang. (cari, dapatkan, dan kuasai tantangan, karena dibalik tantangan ada kesempatan yang terbuka luas untuk mendapatkan keuntungan atau kebaikan menjadi lebih untung atau lebih baik lagi).

Kreativitas datang dari diri sendiri dan bukan datang dari orang lain atau disarankan atau orang lain, tetapi berpikir  atas kehendak, kemauan, dan komitment  diri sendiri yang kuat. Untuk itu selalulah berpikir untuk mendapatkan cara-cara baru untuk memecahkan masalah yang kita hadapi, serta menciptakan target-target baru yang lebih menantang untuk dapat mencapai hasil dan atau kinerja yang lebih baik.

Dalam semua profesi dan di bidang apapun, kreativitas sangat dibutuhkan, apalagi profesi marketing atau tenaga penjual, mereka harus, harus, dan harus .... selalu benar-benar memiliki kreativitas atau berpikir kreatif untuk bagaimana caranya setiap calon konsumen yang datang menemuinya dan atau yang ditemuinya atau dikunjunginya langsung berminat dan mau membeli barang atau produk yang ditawarkannya.

SALAM SUKSES BUAT TENAGA PENJUAL DIMANAPUN BERADA ......
....banjir order, banjir realisasi, sejahtera dan bahagia ...... 


KREATIVITAS SEORANG TENAGA PENJUAL KREATIVITAS SEORANG TENAGA PENJUAL Reviewed by sales motivation on Agustus 20, 2014 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.