Meningkatkan Kinerja


Bekerja adalah melakukan aktivitas yang menghasilkan, umumnya menghasilkan materi atau uang. Untuk dapat melakukan pekerjaan dengan hasil yang optimal, tentunya setiap saat kita harus   meningkatkan wawasan, pengetahuan,  kemampuan atau keterampilan  untuk lebih memahami pekerjaan yang ada. Mengapa demikian, karena seseorang akan bertambah baik kinerjanya (hasil kerja), disadari atau tidak disadari, bila wawasan, pengetahuan, kemampuan, dan keterampilannya bertambah.

Untuk tujuan mendapatkan hasil yang optimal maka seorang Tenaga Penjual atau sipapun, harus terus-menerus meningkatkan wawasan, pengetahuan, kemampuan dan keterampilannya, dengan demikian yang harus kita lakukan adalah :

Selalu belajar, dan belajar, jangan berhenti untuk belajar seumur hidup kita. Kunci keberhasilan atau sukses  yang paling fundamental (mendasar) adalah belajar. Orang yang berpendidikan tinggi bisa sukses, dan orang yang tidak berpendidikan tinggi juga bisa meraih sukses, akan tetapi hampir tidak mungkin dan sangat mustahil orang bisa meraih sukses tanpa proses belajar. Belajar itu tanpa batas, kita bisa belajar dari siapa saja dan dari mana saja, dan dimana saja, Contoh: Kita bisa belajar dari orang lain yang sudah berhasil melalui pengamatan dan berdiskusi, dan juga kepada orang yang tidak berhasil untuk sebagai masukan atau hikmah supaya kita lebih waspada jangan sampai tidak berhasil, kita juga bisa belajar dari pengalaman kita sendiri baik pengalaman yang baik maupun yang buruk, kita bisa belajar dimana saja, seperti diruangan yang ada AC-nya, disuatu tempat di warung kopi, di lapangan, dan dimana saja, tanpa harus terikat pada tempat yang ber-AC saja atau terikat pada satu tempat saja.

Evaluasi dan instropeksi diri terhadap hasil kerja. Melakukan evaluasi terhadap hasil pekerjaan kita adalah langakah yang paling tepat untuk mengetahui sejauh mana kemampuan kita menyelesaikan pekerjaan kita, apakah sudah sesuai dengan target yang ditentuka bahkan over target, atau jauh dibawah target. Hasil evaluasi ini dapat menyadarkan diri untuk memotivasi dan memacu untuk bekerja lebih baik lagi. Ada pendapat yang mengatakan melakukan instropeksi diri itu adalah “Merupakan perjalanan yang sangat jauh dan melelahkan.” Ungakapan ini bermakna bahwa sulit bagi seseorang untuk melakukan evaluasi atau koreksi terhadap diri sendiri. Untuk itulah kita harus bisa melakukannya, karena dengan selalu melakukan instropeksi diri, banyak hal yang akan kita dapatkan, seperti masukan-masukan dari orang lain dapat membantu  menyadarkan diri kita, dan kita lebih memahami mengenai diri kita sendiri, baik kekurangan maupun kelebihan kita, sehingga akan lebih mudah bagi untuk melakukan perbaikan diri.


Bila dalam bekerja kita menghadapi kesulitan, hambatan, dan masalah, sebaiknya langkah pertama kita harus menenangkan diri dulu, baru kemudian pelajari masalah tersebut dan berusaha dengan sungguh-sungguh mencari solusi atau jalan keluar yang terbaik. Kita harus yakin bahwa setiap masalah atau kesulitan selalu diikuti oleh jalan keluarnya.

Kita harus menempakan diri pada situasi dan kondisi Kritis, sehingga kita selalu terpacu atau termotivasi setiap saat untuk melakukan yang terbaik, untuk bisa tetap bertahan dalam keadaan krits, bahkan bisa dengan baik keluar dari Kritis. Ini dimaksudkan agar kita bisa bersaing kepada diri kita sendiri, dan dapat melakukan perbaikan diri terus menerus. “Hari ini harus lebih baik dari hari kemarin, besok harus lebih baik dari hari ini.”

Menentukan sasaran atau target pribadi harus setinggi-tingginya, disesuaikan dengan kemampuan untuk mencapainya dan menentapkan waktu untuk mencapainya. Hal ini dapat membuat kita selalu tertantang dan menguji kemampuan diri kita sendiri. Begitu juga kita harus dapat memahami bahwa semakin besar sararan atau semakin tinggi target yang dapat kita capai, maka semakin banyak juga penghasilan yang kita dapatkan, sehingga kehidupan kita akan bertambah sejahtera.


Selamat meningkatkan Kinerja ......
 
Meningkatkan Kinerja Meningkatkan Kinerja Reviewed by sales motivation on Mei 03, 2016 Rating: 5

2 komentar:

  1. ijin share ya pak , biar banyak orang yang terinspirasi ..... salam sukses pak ..

    BalasHapus
  2. Selalu mencerahkan pak lukiono..

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.