Target Penjualan





Pada saat saya masih bekerja sebagai sales manager di suatu perusahaan, datanglah seorang tenaga penjual untuk melakukan protes mengenai target yang diberikan kepadanya, dia mengatakan : "Pak target saya ketinggian, bagaimana mungkin saya bisa mencapainya ? Sedangkan bulan kemarin saja  target 30 juta, harus berjuang setengah mati, hampir saja saya tidak capai target, kenapa bulan ini target saya menjadi 50 juta ?" Akhirnya saya  jelaskan singkatnya sebagai berikut:  Saya bertanya kepadanya : "Kamu mau dapat duit lebih banyak dari bulan kemarin ? dia jawab "Tentu mau pak." Lalu saya jawab dengan cepat; "itu jawabnnya kenapa, kamu target bulan ini dinaikan dari 30 juta ke 50 juta." Saya lanjutkan : "Toh, kamu bekerjanya sama, capeknya juga sama, bahkan apa yang kamu kerjakan juga sama, yang beda adalah keiinginan kamu, kemauan kamu, dan mind set kamu, yang ingin mendapatkan uang lebih banyak dari bulan lalu." Selanjutnya saya tanya lagi :"Apakah kamu ingin jadi seorang yang kaya raya ? Jawabnya adalah buat target dalam hidup kamu yang setinggi-tingginya, kamu hanya tinggal mewujudkannya. Bila hanya target menjual, buat target pribadi kamu dan harus beberapa kali lebih besar dari target yang di berikan perusahaan." Tenaga penjual tersebut, merenung dan serasa menyetujuinya, dan dia semakin bertekad untuk mewujudkan apa yang menjadi cita-citanya melalui profesinya sebagai tenaga penjual. 

Target Penjualan atau sering dikenal oleh Tenaga Penjual sebagai tanggung jawab mereka dalam melakukan penjualan, biasanya di sebutkan dalam bentuk nilai rupiah, atau unit barang, ataupun polis asuransi yang harus mereka dapati atau capai dengan batas waktu tertentu atau biasanya dalam waktu satu bulan. Contoh : Target bulan ini Rp.30 Juta, maka hasil penjualan dari tanggal satu sampai akhir bulan ditanggal 31 harus mencapai akumulasi sebesar Rp.70 Juta, bila lebih maka Tenaga Penjual ini over Target, bila kurang dari Rp.70 Jt, maka Tenaga Penjual itu tidak mencapai target.

Pengertian tentang target banyak juga yang mengartikan sebagai sasaran, tujuan, keinginan, dan sering juga orang mengatakan dan mengkaitkannya target dengan kehidupan atau cita-cita dalam hidup seseorang, dan target itu juga berhubungan dengan tantangan, tujuan, harapan, dan keinginan hidup yang harus dapat dicapai,  bisa diukur, masuk akal untuk dicapai, dan kapan waktunya untuk mencapai target tersebut.
Untuk itu,  Tenaga Penjual atau setiap orang  harus memiliki target dalam menjalani hidup dan kehidupannya sehari-hari, Contoh: lapar targetnya makan, haus targetnya minum, ngantuk targetnya tidur, pacaran targetnya menikah, menikah targetnya punya anak, hidup targetnya bahagia dunia dan akhirat, dan sebagainya.

Mengapa target harus berusaha dicapai, karena target erat sekali hubungannya dengan kualitas kehidupan manusia yang bersangkutan. Contoh : Kita tidak punya target untuk menikah, akhirnya sampai usia lanjut usia kita tidak menikah dan memiliki Istri, Kita tidak menentukan target untuk memiliki rumah, akhirnya kita kerja tidak semangat, apa adanya, tidak punya keinginan untuk bekerja keras dan lain-lain, akhirnya sampai  usia senja kita tidak memiliki rumah, dan sebagainya. 

Sebagai Tenaga Penjual target adalah kewajiban yang harus di capai, karena target itu merupakan harga diri yang dapat berhubungan langsung dengan kualitas kehidupan kita sebagai Tenaga Penjual, semakin tinggi target yang di tetapkan untuk kita capai, maka semakin tinggi juga tanggung jawab kita untuk mencapainya, sehingga semakin tinggilah harga diri kita, dan akhirnya bila kita dapat capai target tersebut, maka makin bertambahlah kualitas hidup kita.

Target bagi tenaga penjual juga berkaitan dengan uang atau penghasilan yang akan didapatkan semakin tinggi target yang dicapai, maka semakin banyak penghasilan yang akan didapatkan, apalagi bila Tenaga Penjual melakukan penjualan melebihi dari target yang ditetapkan, contohnya over target, misal target Rp.70 Jt, mampu menjual Rp.100 Jt, maka penghasilannya akan lebih bertambah banyak. Bila kita dapat menyimpulkan, bahwa sebenarnya target itu adalah sesuatu yang ada didepan dan dihadapan kita, sesuatu itu bisa berupa sasaran hidup, cita-cita hidup, keinginan, tujuan dan sebagainya. 

Untuk mencapai sesuatu yang ada didepan dan dihadapan  kita itu, maka kita harus juga “memiliki” sesuatu, sesuatu ini adalah kemauan yang keras, komitmen yang tinggi, kerja keras, ulet, tekun, pantang menyerah, berani, semangat, disiplin, memiliki mental pejuang, atau mental juara, dan sebagainya, bila  tidak memiliki ini semua dapat dipastikan  tidak akan pernah mencapai target yang telah di tetapkan dan kita tetapkan. Oleh karena itu, cara untuk mencapai target haruslah memiliki sikap - sikap pilihan yang positif dan harus  dilaksanakan dalam  kehidupan kita sehari-hari. Hal ini disebabkan, bahwa Kesuksesan  ditentukan oleh lebih dari 80% dari sikap-sikap positif yang kita miliki dan laksanakan disetiap menjalani kehidupan.

Salam Sukses Selama-lamanya .......
Belajar - Belajar - dan Belajar seumur hidup ........
Target Penjualan Target Penjualan Reviewed by sales motivation on September 17, 2014 Rating: 5

2 komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.