Meningkatkan Growth Dan Profit Perusahaan

 Semua perusahaan dimanapun berada yang bersifat komersial pasti selalu mempunyai cita-cita atau menginginkan growth (pertumbuhan), dan profit (keuntungan) yang terus menerus bertambah dan berkesinambungan, untuk dapat merealisasikan atau mewujudkan cita-citanya tersebut seluruh perusahaan komersial tanpa terkecuali berpijak dan mengandalkan apa yang sering disebut dengan sebutan "SALES" (penjualan). Pada umumnya disetiap perusahaan untuk melakukan tugas penjualan dibuatlah yang namanya Departemen Marketing, atau ada juga yang menyebutnya Departemen Sales Dan Marketing.

Di departemen inilah semua rencana, kebijaksanaan, jurus-jurus, langkah-langka nyata, program-program, strategi-strategi ditetaskan untuk sesegera mungkin diaplikasikan atau diwujudkan yang pada akhirnya akan berwujud menjadi "PENCAPAIAN PENJUALAN" sesuai atau tidak sesuai dengan target bisnis ( business plan) yang telah ditentukan dan ditetapkan oleh para petinggi atau pemilik perusahaan.

Di abad ke 21 ini percaturan dan persaingan bisnis amat sangat meruncing dan semakin sengit, apalagi adanya era globalisasi persaingan bebas di Asia yang mau tak mau, suka tidak suka Indonesia harus menerimanya, oleh karena itu, perusahaan di Indonesia yang akan berhasil bertahan dan tetap bertumbuh, tidak boleh tidak, jadi harus, harus, dan harus memiliki atau mempunyai daya saing yang tangguh supaya tetap terus bertumbuh dan eksis di era zaman saat ini dan di masa depan.

Apabila perusahaan tidak memiliki daya saing yang tangguh, maka dapat dengan segera dipastikan perusahaan tersebut akan mengalami kesulitan alur uang (cash flow) yang sulit, sumber daya manusia yang tidak effective, sistem pengendalian yang tidak teratur, sistem keuangan yang tidak konsisten, konsumen yang tidak tertarik lagi alias pergi karena pelayanan yang membosankan dan menjengkelkan, produk yang sangat ketinggalan zaman, dan lain-lain.

Untuk tetap bertumbuh dan bertahan di situasi seperti ini, maka perusahaan harus memiliki kepekaan, ketepatan, kecepatan, dan ketajaman dalam pengambilan keputusan untuk mendapatkan kesempatan dan peluang yang masih ada dan tersisa disituasi dan kondisi seperti ini, maka perusahaan dapat memutuskan dan sekaligus merumuskan suatu strategi yang dijamin ampuh dan mudah untuk dilaksanakan, yaitu bagaimana caranya kita menambah jumlah tenaga penjual yang cukup banyak dan selanjutnya meningkatkan peroduktivitas seluruh tenaga penjual yang kita miliki baik yang baru bergabung maupun yang sudah lama bergabung di perusahaan, dengan hitungan ratio man power adalah satu orang yang bekerja di bidang non Sales (bukan tenaga sales dan marketing) melayani 10 orang tenaga penjual (rasio 1 : 10),  

Bila perusahaan berbicara masalah pertambahan tenaga penjualan jawabnya adalah melakukan rekrutmen yang serius dan sungguh-sungguh, dan terus menerus secara berkesinambungan (never ending to recruit) serta bila perusahaan berbicara masalah peningkatan produktivitas, kata kuncinya adalah meningkatkan "KEMAMPUAN" seluruh tenaga penjual, dan intinya adalah bagaimana cara "MENAWARKAN" barang atau produk oleh para tenaga penjual dengan baik, benar, tepat, dan cara yang sangat menarik untuk menimbulkan minat membeli calon konsumen dan akhirnya terjadi transaksi penjualan, sehingga menimbulkan tingkat produktivitasnya.Selanjutnya apabila perusahaan berbicara masalah "MARKETING", kata kuncinya adalah "KREATIVITAS" yang harus terus menerus digali, dikembangakan, dan diwujudkan, sehingga akan mendapatkan "KEPUASAN PELANGGAN" dan akhirnya dapat meningkatkan image (citra baik) perusahaan.

Ukuran keberhasilan di bidang marketing adalah kepuasan pelanggan, sedangkan ukuran kegiatan penjualan adalah omset penjualan atau penciptaan penjualan atau pencapaian penjualan yang sesuai atau melebihi target yang telah ditentukan.

Untuk menjawab keberhasilan di bidang penjualan perlu sekali memperhatikan kemauan dan kemampuan tenaga penjual yang perusahaan miliki dalam melakukan pekerjaan pokoknya yaitu menjual barang atau produk yang perusahaan miliki kepada sebanyak-banyaknya calon konsumen yang ada di dalam masyarakat, sehingga semua dapat mencapai target yang telah ditetapkan.

SALAM SUKSES 
... hidup adalah perjuangan ...








Meningkatkan Growth Dan Profit Perusahaan Meningkatkan Growth Dan Profit Perusahaan Reviewed by sales motivation on Agustus 21, 2014 Rating: 5

1 komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.