Seorang tenaga penjual, tugas pokok dan atau tanggungjawabnya adalah
menciptakan penjualan. Untuk dapat menciptakan penjualan dengan waktu yang
singkat, cepat, dan tepat, maka seorang tenaga penjual harus melakukan hal-hal
berikut :
A. Mencari Dan Mendapatkan Calon Konsumen
Aktivitas atau kegiatan dalam mencari dan mendapatkan calon
konsumen adalah dapat dilakukan dengan beberapa kegiatan, yaitu :
1. Mencari dan mendapatkan informasi, dari sahabat dekat,
dari teman, dari saudara kandung, orang tua, kakek, nenek, paman, dan
sebgainya. Intinya adalah mencari dan mendapatkan calon konsumen dengan cara
bertanya untuk mendapatkan informasi kepada setiap orang yang sudah dan atau
kita kenal. Kegiatan ini mengharuskan kita mencari teman atau mendapatkan
hubungan yang sebanyak-banyaknyap, sehingga dengan demikian kita akan
memperoleh banyak informasi tentang calon konsumen, yang menjadi target atau
sasaran dari penjualan yang kita lakukan.
2. Mencari dan mendapatkan informasi dari konsumen kita
(maksudnya pelanggan; sudah pernah membeli produk atau jasa kita). Bisa juga
dari konsumen atau pelanggan itu sendiri, dan atau orang tuannya, kakaknya,
adiknya, pamannya, temannya dan lain-lain. Intinya adalah mencari dan
mendapatkan informasi dari pelanggan dan keluarganya dan relasinya.
3. Mengunjungi calon konsumen ke rumahnya (door to door),
dan bila perlu ke tempat usahanya, ke tokonya, dan atau ke kantornya.
4. Melakukan hubungan komunikasi yang bersifat pendekatan
terhadap ketua atau pimpinan kelompok-kelompok di dalam masyarakat, misalnya
pimpinan kantor kelurahan, pimpinan puskesmas, pimpinan oraganisasi atau
partai, dan lain sebagainya. Intinya kegiatan ini adalah untuk membuka hubungan
atau jaringan penjualan dan memperoleh restu (negosiasi) dari pimpinan
organisasi atau kantor yang bersangkutan untuk melakukan aktivitas penjualan.
B. Menjelaskan Produk atau Jasa Yang Ditawarkan
Seorang tenaga penjual harus dapat dan mampu menjelaskan
produk atau jasa yang ditawarkannya kepada calon konsumen dengan
sejelas-jealasnya, antara lain mengenai keunggulan produk atau jasa yang di
jualnya, keuntungan yang didapatkan
calon konsumen bila membeli dan menggunakan produk atau jasa yang
ditawarkannya, dan juga mampu memberikan penjelasan dengan baik kepada semua
pertanyaan yang di ajukan calon konsumen kepada dirinya, termasuk apabila calon
konsumen bertanya mengenai perusahaan di mana tenaga penjual bekerja. Inti dari
kegiatan ini adalan seorang tenaga penjual harus mamahami produk dan jasa yang
di jual, termasuk perusahaan di mana tenaga penjual itu bekerja dan juga
keunggulan produk dan jasa yang di jual di bandingkan dengan produk atau jasa
sejenis yang ditawarkan oleh perusahaan lainnya atau kompetiter dengan menarik,
segar, jelas, terperinci, dan meyakinkan.
C. Melakukan Penutupan Penjualan
Seorang tenaga penjual bila dalam proses menawarkan
menemukan buying signal atau tanda-tanda membeli dari calon konsumen, maka
harus segera berusaha keras lebih semangat dan lebih gencar lagi untuk merayu,
membujuk dan mempengaruhi, agar calon konsumen benar-benar beniat dan atau
berminat untuk membeli barang atau jasa yang kita tawarkan. Bila dia sudah setuju, ungkapkanlah dengan
sedikit santai mengenai penjelasan tentang cara pembayarannya, administrasi
yang diperlukan dan lain-lain. Intinya dalam proses penutupan penjualan ini,
jangan sampai tenaga penjual terlalu banyak bicara dan akhirnya membuat
kesalahan dalam bicara, dan berakibat menimbulkan keraguan calon konsumen,
sehingga dalam hitungan detik membatalkan pembeliannya. Contoh : Diakhir
perkataan atau penjelan, calon konsumen tersinggung berat dengan perkataan atau
penjelasan tenaga penjual.
D. Melakukan Pelayanan Tambahan Dan Sekaligus Mencari
Referensi
Seorang Tenaga penjual dapat melakukan penjelasan mengenai
pelayanan tanbahan setelah terjadi penutupan penjualan seperti, adanya garansi,
hadiah; baik hadiah langsung atau dalam bentuk voucer, pelayanan bila barangnya
rusak dalam seminggu bisa diganti yang baru, dan lain sebagainya. Pada saat
melakukan kegiatan ini tenaga penjual jangan lupa menitipkan pesan untuk
menyampaikan kepada kerabat atau kenalan konsumen kita ini untuk mempromosikan
atau memperkenalkan barang atau jasa kepada kerabat atau kenalannya, bagi yang
membutuhkannya untuk menghubungi kita dan atau mebeli melalui kita. Tentunya
jangan lupa meminta alamat jelas dan nomor telepon atau HP yang dapat di
hubungi, sehingga kelak setelah beberapa minggu atau bulan kita dapat
menghubungi kembali dalam rangka mendapatkan calon konsumen baru atau pembelian
ulang dari konsumen tersebut.
Salam sukses selalu ….
Proses Penjualan
Reviewed by sales motivation
on
Juni 01, 2016
Rating:
ijin share ya pak .
BalasHapusHebat dah Pak Haji
BalasHapusHebat dah Pak Haji
BalasHapus