Merawat, Menjaga, Dan Mengelola Konsumen



Pekerjaan terakhir dari seorang tenaga penjual adalah merawat, menjaga, dan mengelola calon konsumen yang sudah berhasil membeli produk atau jasa yang sudah ditawarkannya (di - Closingnya, dan menjadi konsumennya atau pelanggannya).

 Kegiatan ini menjaga agar konsumen lebih merasa puas dengan benefit yang didapatkan dari produk atau jasa yang dibelinya, sekaligus juga supaya mereka membeli ulang kembali kepadan tenaga penjual tersebut, atau menjaga konsumen tidak lari ke perusahaan kompetiter atau prusahaan lain.

Hal ini diharapkan bila mereka membutuhkan lagi dapat membeli dengan tenaga penjual bersangkutan, dan akhirnya menjadi pelanggan yang setia terhadap produk atau jasa yang dibelinya dan tidak mungkin juga akan loyal terhadap perusahaan yang diwakilinya, serta memungkinkan juga loyal atau sangat percaya kepada tenaga penjualnya.

Hal ini harus dilakukan dengan usaha yang serius dan sungguh-sungguh, karena dengan demikian tenaga penjual tidak kehilangan pelanggan dan ini secara langsung memudahkan pencapaian target yang telah ditentukan, dan selanjutnya tenaga penjual mengulangi pekerjaan utamanya yaitu mencari calon konsumen sebagai pelanggan barunya, dengan demikian banyaklah pelanggan yang dimilikinya.


Bagaimana caranya ? Sangat mudah, kita hanya bersilahturahmi bisa mengunjungi konsumen kita yang telah membeli dengan kita, menghubungi melalu telepon dengan basa-basi menanyakan kabar atau mengucapkan selamat ulang tahun dan atau menanyakan kondisi barang atau jasa yang telah mereka nikmati. Tanyakan ada kesulitan apakah dengan barang atau jasa yang teleh dinikmatinya, cobalah sekali-kali dengan konsumen yang telah kita pilih tentunya berkunjung atau mengunjungi ke rumahnya sambil menawarkan produk lainnya. 

Semua tenaga penjual melakukan hal ini dengan harapkan untuk mendapatkan repeat order atau pembelian kembali barangatau jasa yang ditawarkan kepada tenaga penjual yang bersangkutan.


Salam Sukses Sampai Akhir ..
Mampir-mampir ke channel saya ya  Sahabat terima kasih
http://www.youtube.com/c/LukiOno



Merawat, Menjaga, Dan Mengelola Konsumen Merawat, Menjaga, Dan Mengelola Konsumen Reviewed by sales motivation on April 04, 2020 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.