Proses Penjualan


Seorang tenaga penjual,  tugas pokok dan atau tanggungjawabnya adalah menciptakan penjualan. Untuk dapat menciptakan penjualan dengan waktu yang singkat, cepat, dan tepat, maka seorang tenaga penjual harus melakukan hal-hal berikut :

A. Mencari Dan Mendapatkan Calon Konsumen

Aktivitas atau kegiatan dalam mencari dan mendapatkan calon konsumen adalah dapat dilakukan dengan beberapa kegiatan, yaitu :

1. Mencari dan mendapatkan informasi, dari sahabat dekat, dari teman, dari saudara kandung, orang tua, kakek, nenek, paman, dan sebgainya. Intinya adalah mencari dan mendapatkan calon konsumen dengan cara bertanya untuk mendapatkan informasi kepada setiap orang yang sudah dan atau kita kenal. Kegiatan ini mengharuskan kita mencari teman atau mendapatkan hubungan yang sebanyak-banyaknyap, sehingga dengan demikian kita akan memperoleh banyak informasi tentang calon konsumen, yang menjadi target atau sasaran dari penjualan yang kita lakukan.

2. Mencari dan mendapatkan informasi dari konsumen kita (maksudnya pelanggan; sudah pernah membeli produk atau jasa kita). Bisa juga dari konsumen atau pelanggan itu sendiri, dan atau orang tuannya, kakaknya, adiknya, pamannya, temannya dan lain-lain. Intinya adalah mencari dan mendapatkan informasi dari pelanggan dan keluarganya dan relasinya.

3. Mengunjungi calon konsumen ke rumahnya (door to door), dan bila perlu ke tempat usahanya, ke tokonya, dan atau ke kantornya.

4. Melakukan hubungan komunikasi yang bersifat pendekatan terhadap ketua atau pimpinan kelompok-kelompok di dalam masyarakat, misalnya pimpinan kantor kelurahan, pimpinan puskesmas, pimpinan oraganisasi atau partai, dan lain sebagainya. Intinya kegiatan ini adalah untuk membuka hubungan atau jaringan penjualan dan memperoleh restu (negosiasi) dari pimpinan organisasi atau kantor yang bersangkutan untuk melakukan aktivitas penjualan.


B. Menjelaskan Produk atau Jasa Yang Ditawarkan

Seorang tenaga penjual harus dapat dan mampu menjelaskan produk atau jasa yang ditawarkannya kepada calon konsumen dengan sejelas-jealasnya, antara lain mengenai keunggulan produk atau jasa yang di jualnya, keuntungan  yang didapatkan calon konsumen bila membeli dan menggunakan produk atau jasa yang ditawarkannya, dan juga mampu memberikan penjelasan dengan baik kepada semua pertanyaan yang di ajukan calon konsumen kepada dirinya, termasuk apabila calon konsumen bertanya mengenai perusahaan di mana tenaga penjual bekerja. Inti dari kegiatan ini adalan seorang tenaga penjual harus mamahami produk dan jasa yang di jual, termasuk perusahaan di mana tenaga penjual itu bekerja dan juga keunggulan produk dan jasa yang di jual di bandingkan dengan produk atau jasa sejenis yang ditawarkan oleh perusahaan lainnya atau kompetiter dengan menarik, segar, jelas,  terperinci, dan meyakinkan.


C. Melakukan Penutupan Penjualan

Seorang tenaga penjual bila dalam proses menawarkan menemukan buying signal atau tanda-tanda membeli dari calon konsumen, maka harus segera berusaha keras lebih semangat dan lebih gencar lagi untuk merayu, membujuk dan mempengaruhi, agar calon konsumen benar-benar beniat dan atau berminat untuk membeli barang atau jasa yang kita tawarkan.  Bila dia sudah setuju, ungkapkanlah dengan sedikit santai mengenai penjelasan tentang cara pembayarannya, administrasi yang diperlukan dan lain-lain. Intinya dalam proses penutupan penjualan ini, jangan sampai tenaga penjual terlalu banyak bicara dan akhirnya membuat kesalahan dalam bicara, dan berakibat menimbulkan keraguan calon konsumen, sehingga dalam hitungan detik membatalkan pembeliannya. Contoh : Diakhir perkataan atau penjelan, calon konsumen tersinggung berat dengan perkataan atau penjelasan tenaga penjual.

D. Melakukan Pelayanan Tambahan Dan Sekaligus Mencari Referensi

Seorang Tenaga penjual dapat melakukan penjelasan mengenai pelayanan tanbahan setelah terjadi penutupan penjualan seperti, adanya garansi, hadiah; baik hadiah langsung atau dalam bentuk voucer, pelayanan bila barangnya rusak dalam seminggu bisa diganti yang baru, dan lain sebagainya. Pada saat melakukan kegiatan ini tenaga penjual jangan lupa menitipkan pesan untuk menyampaikan kepada kerabat atau kenalan konsumen kita ini untuk mempromosikan atau memperkenalkan barang atau jasa kepada kerabat atau kenalannya, bagi yang membutuhkannya untuk menghubungi kita dan atau mebeli melalui kita. Tentunya jangan lupa meminta alamat jelas dan nomor telepon atau HP yang dapat di hubungi, sehingga kelak setelah beberapa minggu atau bulan kita dapat menghubungi kembali dalam rangka mendapatkan calon konsumen baru atau pembelian ulang dari konsumen tersebut.


Salam sukses selalu ….




Proses Penjualan Proses Penjualan Reviewed by sales motivation on Juni 01, 2016 Rating: 5

3 komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.