Pada dasarnya tenaga penjual yang Anda miliki saat ini sudah punya
kemauan untuk bekerja, hanya saja Anda perlu mendorongnya untuk merubah kemauan
mereka menjadi kemampuan.
Untuk dapat merubah kemauan tenaga penjual menjadi kemampuan, Anda
harus dapat memfasilitasi segala kebutuhan fisik maupun emosional yang tenaga
penjual Anda inginkan, yaitu sebagai berikut:
1. Kebutuhan Fisik
Kebutuhan fisik yang penulis maksudkan disini adalah kebutuhan
yang berbentuk nyata, yaitu Anda harus menyediakan alat-alat promosi yang
cukup, contohnya brosur, selebaran, clear holder, agenda, dan lain-lain,
intinya adalah sales kit atau sarana dan prasarana yang mereka butuhkan untuk
melakukan penjualan harus di fasilitasi, termaksud mungkin kendaraan yang layak
untuk melakukan kunjungan ke calon konsumen. Selain itu Anda juga harus
memfasilitasi hasil kerja dari tenaga penjual, seperti order yang diperolehnya
segera ditindaklanjuti, yaitu barang yang di order harus tersedia, sesuai dengan
keiinginan tenaga penjual, termasuk juga harganya, dan pengiriman barangnya ke
rumah konsumen harus tepat waktu sesuai selera tenaga penjual, serta begitu
juga dengan pelayan paska penjualan (after sales servicenya) atas barang yang
dijualannya harus bisa Anda tindak lanjuti.
2. Kebutuhan Emosional
Di dalam hal tertentu, seorang tenaga penjualan yang
produktivitasnya tinggi dan tenaga penjual yang produktivitasnya rendah, selalu
menginginkan kebutuhan emosinya terpenuhi. Kebutuhan emosional tenaga penjual
meliputi, sebagai berikut ;
1. Semua orang harus berpihak kepada mereka
2. Mereka menginginkan kemudahan
3. Diperhatikan, dihargai, diberikan penghargaan terhadap kerja
dan hasil kerjanya
4. Keinginan mereka selalu ingin dipenuhi
5. Ingin semua orang yang ada di kantor peduli terhadap mereka
Untuk memenuhi kebutuhan emosional tenaga penjual tersebut yang
harus Anda lakukan adalah:
1. Menjelaskan secara benar dan terperinci tanpa manipulasi
tentang hasil kerja tenaga penjual yang mereka dapat dan diproses sesuai dengan
peraturan yang ada.
2. Jangan sekali-sekali memarahi atau memberikan vonis terhadap
tenaga penjual. Jangan
memarahi tenaga penjual yang produktivitasnya rendah
dengan kata-kata kasar dan keras, karena kata-kata keras akan menekan jiwanya
dan kata-kata kasar akan melukai hatinya.
3. Buat pikiran mereka tenang dan hati mereka senang, jika
berjumpa dengan mereka kapanpun dan dalam situasi apapun, usahakan selalu
senyum, sapa, dan tegur 2T & 1 T). Budaya 2 S dan 1 T ini harus selalu
dilakukan oleh semua karyawan lain yang bukan tenaga penjual. Senyum menandakan
kita semua senang bertemu dengan mereka, baik secra pribadi, cara kerja, dan
hasil kerja. Sapalah dengan menanyakan kondisi mereka dengan sopan dan
mencerminkan keramahtamahan yang segar dan hangat. Tegur berkaitan dengan
pernyataan menggunakan bagaimana caranya mendapatkan konsumen, bagaimana
kira-kira esok hari bisa lebih banyak lagi mendapatkan konsumen, bagaimana esok
hari bisa lebih baik lagi dan apa yang dilakukan, dan sebagainya. Hal ini akan mencerminkan perhatian Anda
terhadap hasil kerja mereka, ketiga hal ini harus Anda lakukan terus menerus
tanpa henti, tanpa terikat waktu dan tempat.
Memenuhi Dan Memfasilitasi Kebutuhan Tenaga Penjual
Reviewed by sales motivation
on
November 06, 2019
Rating:
Tidak ada komentar: