Pekerjaan terakhir dari seorang tenaga penjual
adalah merawat, menjaga, dan mengelola calon konsumen yang sudah berhasil
membeli produk atau jasa yang sudah ditawarkannya (di - Closingnya, dan menjadi
konsumennya atau pelanggannya).
Kegiatan ini menjaga agar konsumen lebih merasa
puas dengan benefit yang didapatkan dari produk atau jasa yang dibelinya,
sekaligus juga supaya mereka membeli ulang kembali kepadan tenaga penjual
tersebut, atau menjaga konsumen tidak lari ke perusahaan kompetiter atau prusahaan lain.
Hal ini diharapkan bila mereka membutuhkan lagi dapat membeli dengan tenaga penjual
bersangkutan, dan akhirnya menjadi pelanggan yang setia terhadap produk atau
jasa yang dibelinya dan tidak mungkin juga akan loyal terhadap perusahaan yang
diwakilinya, serta memungkinkan juga loyal atau sangat percaya kepada tenaga
penjualnya.
Hal ini harus dilakukan dengan usaha yang
serius dan sungguh-sungguh, karena dengan demikian tenaga penjual tidak
kehilangan pelanggan dan ini secara langsung memudahkan pencapaian target yang
telah ditentukan, dan selanjutnya tenaga penjual mengulangi pekerjaan utamanya
yaitu mencari calon konsumen sebagai pelanggan barunya, dengan demikian
banyaklah pelanggan yang dimilikinya.
Bagaimana caranya ? Sangat mudah, kita hanya bersilahturahmi bisa mengunjungi konsumen kita yang telah membeli dengan kita, menghubungi melalu telepon dengan basa-basi menanyakan kabar atau mengucapkan selamat ulang tahun dan atau menanyakan kondisi barang atau jasa yang telah mereka nikmati. Tanyakan ada kesulitan apakah dengan barang atau jasa yang teleh dinikmatinya, cobalah sekali-kali dengan konsumen yang telah kita pilih tentunya berkunjung atau mengunjungi ke rumahnya sambil menawarkan produk lainnya.
Semua tenaga penjual melakukan hal ini dengan harapkan untuk mendapatkan repeat order atau pembelian kembali barangatau jasa yang ditawarkan kepada tenaga penjual yang bersangkutan.
Salam Sukses Sampai Akhir ..
Mampir-mampir ke channel saya ya Sahabat terima kasih
http://www.youtube.com/c/LukiOno
Merawat, Menjaga, Dan Mengelola Konsumen
Reviewed by sales motivation
on
April 04, 2020
Rating:
Tidak ada komentar: