![](https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEh-f-pxCyKPECK3cZhOk8heu2rJHxjNJfoH-X7051l6LeJdXaak1bZzQehxhf5KhFy3GkiCOR0vYdCzM26N7MtTrAzLjuSjGX4vaffQzx5BkwBQTJv940WHHx9fHaBHvc3YNqJ8gMz4sgfX/s200/lukiono+masih+gendut.jpg)
Untuk mengatasi hal tersebut, seorang tenaga penjual haruslah
memiliki kemampuan-kemampuan tertentu untuk mengatasinya. Berikut di bawah ini
adalah cara seorang tenga penjual dalam mengatasi calon konsumen yang sering
kali mengeluhkan atas barang atau jasa yang akan dimilikinya.
- Sebagai tenaga penjual harus dapat
memahami keluhan calon konsumen dan menyambutnya dengan tenang, senyum,
dan bersikap wajar serta mendukung seolah-olah menyetujui keluhan calon
konsumen.
- Tenaga penjual harus dengan
serius dan sungguh-sungguh dalam mendengarkan keluhan-keluhan calon konsumen, sehingga
tercermin bahwa tenaga penjual memiliki perhatian yang penuh terhadap
calon konsumen.
- Jangan berdebat dan hindarilah
perdebatan, kalau hanya mengakibatkan calon konsumen menjadi malu dan
kehilangan muka di hadapan tenaga penjual atau orang lain.
- Cobalah berusaha untuk mencari
tahu apa yang sebenarnya yang diingini oleh calon konsumen.
- Berilah jalan keluar untuk dapat
membuat kata sepakat dengan jalan memberikan penjelasan berupa usulan
penyelesaian masalah.
- Apabila yang diungkapkan oleh
calon konsumen adalah hal-hal yang yang besar dan bersifat prinsipil
(“Contoh: saya ini pencinta merk ini dari nenek moyang saya, sampai ke
anak cucu saya, saya sangat paham ini barang asli tapi palsu, kalau yang
asli harganya tidak segini, pasti jauh lebih mahal.”). Apa yang di katakan
calon konsumen ini tenaga penjual mengetahuinya bahwa ungkapan calon
konsumen tersebut tidak benar dan tidak tepat, tenaga penjual jangan membantahnya,
maka tenaga penjual dapat berkata ; “Oh, begitu ya, pak.” Lalu dilanjutkan : “Wah, sampai sekarang
banyak orang yang berpandangan serupa seperti bapak, dulu saya juga
beranggapan seperti itu, sampai saya mendengar dan mendapatkan informasi
bahwa……. lanjutkan dengan menjelaskan informasi penting tentang barang
atau produk atau selling point
barang yang ditawarkan. Ucapan ini sangat penting diungkapkan oleh tenaga
penjual, karena pada umumnya manusia akan memberikan reaksi senang pada
saat mendengar kata-kata seperti “Ya, ya, benar.” Selanjutnya sebagai
akibat rasa senang tersebut, biasanya calon konsumen tersebut cenderung
mengiyakan penjelasan yang kemudian akan dikatakan oleh tenaga penjual.
Salam Sukses Selalu….
Menghadapi Calon Konsumen Yang Mengeluh
Reviewed by sales motivation
on
Agustus 26, 2016
Rating:
![Menghadapi Calon Konsumen Yang Mengeluh](https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEh-f-pxCyKPECK3cZhOk8heu2rJHxjNJfoH-X7051l6LeJdXaak1bZzQehxhf5KhFy3GkiCOR0vYdCzM26N7MtTrAzLjuSjGX4vaffQzx5BkwBQTJv940WHHx9fHaBHvc3YNqJ8gMz4sgfX/s72-c/lukiono+masih+gendut.jpg)
Tidak ada komentar: